Menag Akan Resmikan Kampus II IAIN Batusangkar

By Admin

nusakini.com--Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar kini memiliki gedung kampus II. Gedung baru ini akan diresmikan oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin. 

"Gedung baru Kampus II IAIN Batusangkar ini akan diresmikan Menag Lukman pada Jumat, 23 Maret," terang Kepala Biro AUAK IAIN Batusangkar Yasrizal di Batusangkar, Kamis (22/03). 

Kampus II IAIN Batusangkar berlokasi di kawasan dataran tinggi wilayah Pagaruyung. Lokasi ini berjarak tiga kilometer dari Kampus I. Gedung tiga lantai yang dibangun dengan skema pembiayaan SBSN ini didominasi cat warna putih, biru, dan kuning emas. 

"Pembangunan Kampus II IAIN Batusangkar dikarenakan sudah tidak adanya lagi tanah untuk perluasan kampus I," tambah Yasrizal. 

Selain meresmikan, Menag juga dijadwalkan akan meninjau ruangan PTSP IAIN Batusangkar dan Ruangan Galeri Investasi Syariah. 

Menurut Yasrizal, gedung Kampus II IAIN Batusangkar pada saat ini baru ditempati untuk kegiatan belajar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Kampus ini berdiri di lahan seluas 19,6 Hektar. 

"Fakultas Ekonomi Bisnis Islam baru berdiri tahun 2016 sejak beralih status dari STAIN Batusangkar menjadi IAIN Batusangkar, tapi sudah mampu mempunyai 2800 mahasiswa," tuturnya. 

IAIN Batusangkar saat ini tercatat memiliki 7000 mahasiswa. Fakultas Ekonomi Bisnis Islam ini menempati urutan kedua dari sisi jumlah mahasiswa, hanya kalah dengan Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan. (p/ab)