Mempercepat Pelayanan dengan Aplikasi SISRAJA di RSUD Tamansari

By Admin


nusakini.com-Jakarta-Sekretaris Kota Jakarta Barat, H. Eldi Andi melakukan launching pelayanan pendaftaran unit rawat jalan dengan menggunakan aplikasi SISRAJA (Sistem Informasi Rawat Jalan) di RSUD Tamansari, Selasa (18/9). Aplikasi ini nantinya mempermudah pelayanan masyarakat yang tepat, efektif, dan efisien. 

Sekretaris Kota Jakarta Barat, H. Eldi Andi mengatakan, aplikasi SISRAJA merupakan bentuk inovasi dari RSUD Tamansari dalam upaya meningkatkan layanan masyarakat, terutama pasien yang berobat. Sistem informasi ini memiliki proses yang cepat dan tepat. Sehingga dapat mempercepat masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan.  

Sistem yang baru kali pertama diterapkan di RSUD Tamansari, ini nantinya terintegrasi antar area/unit lain. Selain unit rawat jalan, informasi data layanan ini terkoneksi dengan bagian front office, kasir, poliklinik, farmasi, dan laboratorium. "Melalui aplikasi ini, semua proses pendataan pasien akan lebih cepat.Dengan begitu bisa mempermudah dokter dalam menjalani tugasnya," papar Eldi Andi.  

Eldi menambahkan, sistem aplikasi yang diterapkan di RSUD Tamansari ini nantinya bisa menjadi contoh untuk diterapkan pada rumah sakit umum daerah lainnya di Jakarta Barat, seperti RSUD Kalideres dan RSUD Kembangan.  

Kassubag Tata Usaha RSUD Tamansari, Sugeng Priwanto, S.Kep, Ners mengatakan, sistem informasi dan komunikasi di RSUD Tamansari sebelumnya dilakukan secara manual. Hal ini menyebabkan proses pendaftaran yang lambat dan pencatatan yang berulang-ulang antar bagian di unit rawat jalan. Kondisi ini berdampak pada layanan masyarkat sehingga tingkat kepuasan pasien terhadap layanan sangat rendah.  

Melalui aplikasi Sistem Informasi Rawat Jalan (Sisraja), masalah itu terpecahkan. Layanan yang dilakukan secara manual diganti dengan sistem yang terintegrasi berbasis komputer. Sistem informasi ini terkoneksi antar bagian unit di Rawat Jalan. "Sistem informasi berbasis komputer ini mampu mempercepat pelayanan dalam hal pendaftaran dan secara langsung akan berdampak meningkatnya kepuasan pelanggan. Sistem ini juga mengurangi penggunaan kertas (paperless)," tutur Sugeng.  

Usai launching aplikasi SISRAJA, Sekretaris Kota Jakarta Barat, H. Eldi Andi bersama Direktur RSUD Tamansari, dr. Budhi Prayudi, serta pejabat RSUD Tamansari melakukan peninjuan ke sejumlah ruangan seperti rawat inap, IGD, bedah dan sebagainya. (p/ab)