Melalui KKN PPM, Mahasiswa Unhas Siap Mengabdi di Barru

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali akan memberangkatkan sejumlah mahasiswa untuk melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Salah satu diantaranya yakni program KKN Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Barru.

Kesiapan 23 mahasiswa Unhas ini dibuktikan dengan kegiatan pembekalan yang dilaksanakan di Ballroom Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Unhas, Sabtu (15/6) lalu.

Kegiatan pembekalan KKN-PPM Kabupaten Barru ini di bawah koordinator Prof Ir Sutinah Made MSi, Prof. Dr. St. Haerani, dan M. Si dg Firman, S. Pi, M. Si.

“Semoga KKN-PPM ini memberikan manfaat bagi masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas spiritual, pendidikan dan produk olahan perikanan yang dapat mengakses pasar yang lebih luas,” ujar Prof Sutinah yang juga pembina Yayasan Smart Insan Utama Makassar.

Output dari kegiatan KKN-PPM ini, kata Sutinah, adalah jurnal nasional, konferensi nasional, buku ajar dan produk olahan perikanan yang berkualitas.

Hadir pula Erwin sebagai Koordinator Desa (Kordes) dan masing-masing ketua devisi meliputi Devisi Keagamaan, Devisi Diversifikasi Pengolahan Produk Perikanan, Devisi Kesehatan Lingkungan, Devisi Home Schooling, Devisi Film Edukasi dan Devisi Administrasi Online.

Tema KKN-PPM yaitu pemberdayaan masyarakat korban banjir melalui pemanfaatan sumber daya perikanan dan peningkatan daya saing di kelurahan Tuwung Kabupaten Barru. 

Rencana pelepasan KKN Unhas ini akan dilaksanakan pada 20 Juni mendatang, dan akan diberangkatkan secara bertahap pada 21-25 Juni 2019.(rudi)