nusakini.com - Presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarno Putri secara resmi dianugerahkan gelar Doktor Honoris Causa (Dr HC) oleh Universitas Padjadjaran (Unpad)

Prosesi penganugerahan tersebut berlangsung pada Kamis (25/5/2016) di Graha Sanusi Hardjadinata Universitas Padjadjaran, Bandung.

Menurut Ketua tim promotor Prof Dr H Obsatar Sinaga, M.Si, penganugerahan gelar Dr HC kepada Megawati didasari oleh perjalanan dan sikap politik Megawati yang dibagi menjadi tiga tahap.

Tahapan itu adalah masa sebelum Megawati menjabat presiden kelima Republik Indonesia, masa ketika Megawati menjabat presiden, dan masa setelah tak lagi menjabat presiden.

"Menariknya meski sudah tak lagi menjabat sebagai presiden, Megawati masih bisa menentukan siapa presiden berikutnya," ujar Obsatar seraya disambut tawa para tamu undangan yang hadir di acara penganugerahan gelar Dr HC tersebut.

Obsatar juga mengatakan, tim promotor yang diketuainya menilai Megawati memiliki peranan penting dalam mengawal konsolidasi demokrasi di Indonesia, pasca-dirinya menjadi mandataris MPR menggantikan Abdurrahman Wahid.

"Saat menjadi Presiden kelima menggantikan Presiden Abdurrahman Wahid, Megawati mampu mengawal proses konsolidasi demokrasi, salah satunya dengan memperluas otonomi daerah seluas-luasnya," lanjut Obsatar.

Megawati pun mengaku terharu saat dianugerahi gelar Dr HC tersebut. Dia mengatakan, penganugerahan gelar ini mengingatkannya kembali pada momen pertama saat dirinya dilantik sebagai mahasiswa Universitas Padjadjaran.(mk)