Masyarakat Indonesia di Perth Pertahankan Tradisi Buka Puasa Bersama

By Admin

nusakini.com--Masyarakat Indonesia yang bermukim di Perth, Australia Barat, menggelar acara buka puasa bersama di Bentley Community Center, Perth, Australia, akhir pekan lalu. Buka puasa bersama disponsori oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Perth dan didukung komunitas muslim yang tergabung dalam Panitia Bersama Ramadhan. Guna menciptakan suasana Ramadhan seperti di Tanah air, Panitia menyuguhkan menu masakan khas Indonesia. 

Dewi Tobing selaku Konsul Jenderal (Konjen) KJRI Perth memberikan sambutan hangat kepada masyarakat dan memberikan ucapan selamat berbuka puasa kepada masyarakat muslim di Perth, Australia Barat. Acara yang dihadiri kurang lebih 700 orang dimulai pukul 17.23 waktu setempat atau sekitar 16.23 WIB, dengan teh manis dan takjil yang beragam, mulai dari cendol, puding, kue basah seperti martabak asin, kue lumpur, Kue bolu, tahu isi, risol,dan penganan khas Indonesia lainnya. 

Kegiatan dilanjutkan dengan ibadah shalat Maghrib berjemaah dan menyantap hidangan utama soto ayam, lengkap dengan kerupuk udang dan sambal. Menu andalan Soto Ayam cukup menghangatkan para peserta yang mulai kedinginan di musim gugur di Kota Perth. Para peserta selanjutnya mengikuti tausiyah dari Dr. KH Mochamad Bukhori, selaku Sekretaris Jenderal Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Pusat Jakarta. Tema yang diangkat yaitu "Menuju Kebangkitan Ekonomi Umat". Acara ini berlangsung dengan sangat khidmat. 

Salah satu peserta buka puasa Akbar Azmi menyampaikan bahwa selain menikmati kebersamaan dengan sesama warga Indonesia yang merantau ke Perth, dirinya sangat senang karena mendapat siraman rohani melalui tausiyah dari ustadz yang didatangkan dari Indonesia. 

Kegiatan buka puasa ini direncanakan akan diselenggarakan setiap akhir pekan dalam bulan Ramadhan. (p/ab)