Masuki Musim Panen, Petani Tak Perlu Khawatir Harga Jagung Akan Jatuh

By Admin


nusakini.com - Pasuruan - Walau musim panen jagung telah mulai menjelang, petani tidak lagi khawatir dengan harga jagung yang bakal anjlok. Hal ini dikarenakan hasil panen petani akan dibeli Bulog seharga Rp.3.150/kg bila harga pasaran jatuh dibawahnya.

Kasubdit Jagung pada Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Bambang Sugiharto mengatakan hal tersebut saat menghadiri Panen Raya Jagung Hibrida di Desa Banjarimbo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (29/3/2016)

"Jadi kita pemerintah akan menugaskan Bulog untuk membeli jagung petani jika harganya sedang di bawah," katanya.

Bambang menjelaskan bahwa peraturan soal kebijakan tersebut saat ini sedang dibahas di Kementerian Koordinator Perekonomian. Kebijakan itu akan ditetapkan sesegera mungkin karena di berbagai daerah sudah memasuki musim panen.

"Sekarang sedang dibahas di Menko Perekonomian. Dalam waktu dekat ini ditetapkan. Tidak mungkin ditetapkan setelah panen raya. Tapi Bulog sekarang sudah mulai beli meski peraturan belum ditetapkan," paparnya.

Menurutnya, kebijakan tersebut dibuat untuk menjamin harga jagung bagi petani. Dengan begitu, petani tidak ragu lagi untuk meningkatkan produktifitas jagung. (mk)