Masakan Indonesia Eratkan Hubungan Indonesia-Brunei

By Admin

nusakini.com-- ​​​Demikian disampaikan oleh Chef bertaraf Internasional Indonesia, William Wongso, saat memperagakan cara membuat Rendang Padang, Asinan Jakarta dan Ayam Tangkap Aceh di Rizqun, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam. Acara dihadiri sekitar 300 orang dari kalangan pejabat, korps diplomatik dan publik Brunei.   

Hadirin terlihat sangat antusias melihat peragaan serta banyak berinteraksi dengan William Wongso. Makanan Indonesia digemari oleh masyarakat Brunei, dan mendapat apresiasi atas diadakannya acara karena telah memperkenalkan masakan otentik Indonesia dan cara membuatnya.  

Sementara itu KUAI KBRI Bandar Seri Begawan Arko Hananto Budiadi dalam sambutan singkatnya di acara pembukaan menyampaikan bahwa acara ini telah memperkenalkan sebagian dari kekayaan jenis hidangan. Jenis hidangan lain masih banyak mengingat Indonesia memiliki lebih dari 400 etnis dengan budaya, kebiasaan dan makanan yang berbeda. 

Acara ini merupakan kerjasama KBRI Bandar Seri Begawan dengan Rizqun Hotel, acara bertemakan “Magnificent Culinary of Indonesia" tanggal 6-7 Desember 2017. Acara ini merupakan bentuk partisipasi Indonesia dalam Brunei December Festival 2017. Turut hadir pada event dimaksud adalah tamu kehormatan Dato Seri Setia Awang Haji Ali bin Apong, Menteri Sumber Daya Utama dan Pariwisata.

​Chef William Wongso mempersiapkan juga berbagai hidangan untuk para tamu hadirin seperti Gulai Kambing, Pecel Madiun, Ikan Arsik Medan dll. Acara ini diliput oleh berbagai media lokal Brunei dan vlogger kuliner Brunei. Thanis Lim mengatakan “This is the best Beef Rendang and Gulai Kambing I have ever had", Kris Karmila Sapar, penyanyi dan penyair Brunei mengatakan “I usually dont like rendang, but tonight's rendang was amazing I had two portions of it", turut memberi komentar adalah guru Jerudong International School, ia mengatakan “The Ikan Arsik Dish from Medan was rich in flavour at the highest level", tanggapan dari hadirin juga mendapatkan respon yang sangat positif dan berharap kegiatan ini dapat berlanjut.(p/ab)