Maros Half Marathon Padukan Rute Sawah dan Cheering Warga Setempat

By Admin


nusakini.com-Maros- Dalam rangkaian HUT ke 60 tahun Kabupaten Maros, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Maros bersama Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) akan menggelar lomba lari 21 Kilometer bertajuk Maros Half Marathon (MHM) pada 14 Juli 2019 mendatang.  

Hal ini diutarakan Kadis Budpar Maros, M Ferdiansyah, saat press conference MHM 2019 di Kafe Kulo Grand Mall Maros, Rabu (27/2/). Selain kategori 21 Km, pihaknya juga menambahkan kategori lari lebih pendek, 10 kilometer dan 5 kilometer.

“Lomba lari ini sudah yang kedua kali Pemkab Maros adakan dalam rangkaian HUT Maros, setelah sebelumnya di tahun lalu ada Maros 10K. Dengan harapan olahraga lari dapat menjadi gaya hidup serta bermunculan bibit baru dalam dunia atletik, khususnya di Maros tercinta ini,” ujar Ferdi.

Ia menambahkan saat ini konsep wisata di Indonesia telah bergeser dengan tidak hanya travelling, tapi juga melibatkan unsur olahraga di dalam wisata. Beberapa kota besar di Indonesia menjadikan wisata olahraga sebagai bagian dari meningkatkan destinasi wisata.

“Kota wisata seperti Bali, Bandung, Jogja bahkan Jakarta menjadikan agenda wisata olahraga sebagai salah satu potensi mendatangkan wisatawan,” ujarnya.

Tahun ini Disbudpar Maros akan mengembangkan konsep wisata olahraga melalui kerjasama dengan komunitas lari Maros Runners dan race organizer, sport.id

Race Director MHM, Safar Sadol mengatakan MHM akan menyajikan pengalaman berlari yang berbeda dari deretan major marathon Indonesia. Selain memperkenalkan keindahan alam Maros melalui rute yang dilalui peserta, seperti gugusan karst Maros-Pangkep yang membentang di alam Maros, peserta juga akan melalui area persawahan hijau yang memanjakan mata pelari.  

"Kami menawarkan konsep perpaduan persawahan hijau, gugusan karst Maros-Pangkep serta kearifan lokal Maros, seperti keramahan dan antusiasme warga kepada pelari nantinya," tambah Finisher Nusantarun chapter 6 tersebut.

Ketua panitia MHM 2019, Chaidir Syam mengatakan pendaftaran MHM akan dibuka pada 1 Maret 2019, secara daring di www.maroshalfmarathon.id. Masa early bird berlaku pada 1-30 Maret 2019, dimana peserta dapat memanfaatkan waktu diskon slot tersebut sebesar 20 persen. Dijadwalkan titik start dan finish akan digelar di objek wisata air terjun Bantimurung, sekitar 42 kilometer dari kota Makassar.

“Tahun lalu kita sudah memfokuskan titik start dan finish di Maros kota, sehingga tahun ini kita mau menggiring pelari sekalian berwisata di objek wisata andalan Maros, di Bantimurung. Sehingga jika pelari sudah finish dapat langsung mandi mandi air segar Bantimurung,” tambah Chaidir. (p/ab)

MHM 2019: 

Biaya pendaftaran:

Early Bird (1– 30 Maret 2019)

21K : Rp 280.000

10K : Rp 180.000

5K : Rp 140.000

Harga Normal ( 31 Maret 2019 – 31 Mei 2019 ) 

21K : Rp 350.000

10K : Rp 225.000

5K : Rp 175.000

Fasilitas 

- Baju Race

- No. Dada (BIB)

- Produk Sponsor

- Buku Petunjuk Lomba

- E-certificate

- Finisher tee (only 21K)