Manila Menjadi Tuan Rumah “Sosialisasi dan Bimtek” Pemilu 2019

By Admin

nusakini.com--Panitia Pemilihan Luar Negeri Manila menjadi tuan rumah Sosialisasi dan Bimtek Pemilu 2019, yang dihadiri 48 peserta dari 6 Perwakilan RI, yaitu Bangkok, Dili, Singapura, Manila, Davao dan Songkhla. Hadir Komisioner KPU (Komisi Pemilihan Umum) Pramono Ubait Tanthowi dan Sekjen KPU Arif Rahman Hakim. 

Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemilu berlangsung di Hotel Diamond Manila pada 14-15 April 2018 dengan materi seputar pembekalan dari KPU Pusat dan Pokja (Kelompok Kerja) PLN (Pemilu Luar Negeri) mengenai landasan hukum dan peraturan terkait Pemilu LN, serta mekanisme kerja dan manajemen anggaran PPLN sebagai bagian untuk mensukseskan Pemilu serentak 2019 (Pemilihan Legislatif, Presiden dan Wakil Presiden). 

Komisioner KPU menyampaikan landasan dan implementasi hukum UU Pemilu No: 7 tahun 2017, termasuk MoU Kerjasama KPU dengan Kemenlu untuk memastikan terpenuhinya hak konstitusi sekitar 2,04 juta pemilih WNI di luar negeri. Disampaikan pula harapan pengelolaan anggaran secara akuntabel dan proses akurasi data pemilih secara berkesinambungan. 

Sosialisasi Pemilu 2019 dilaksanakan di KBRI Manila pada 14 April 2019 dan dihadiri oleh sekitar 200 masyarakat Indonesia di Manila dan sekitarnya. Dubes RI Manila Dr Sinyo Harry Sarundajang menyampaikan ucapan selamat datang dan apresiasi atas kehadiran Tim KPU Pusat dan Pokja PLN, serta para peserta Bimtek Pemilu 2019 pada kegiatan Sosialisasi dan Bimtek Pemilu 2019.‚Äč (p/ab)