Makin Banyak Jemaah Haji Mengalami Kasus Dimensia

By Admin


nusakini.com - Jumlah jemaah haji yang telah tiba di Madinah, sebanyak 118 kloter atau 47,895 jemaah. Demikian laporan yang dirilis Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Bidang Kesehatan Arab Saudi, 4 Agustus 2017, Pukul 19.00 WAS

Berdasarkan pemantauan di Lapangan oleh Tim Promotif dan Preventif (TPP) dan Tim Gerak Cepat (TGC), khususnya di Masjid Nabawi, semakin meningkat jumlah jemaah saat tiba waktu shalat 5 lima waktu. Meningkatnya jumlah jemaah ini, seiring dengan bertambahnya jumlah kloter yang tiba di Madinah. Akibatnya, bertambah pula jumlah jemaah yang tersesat, ketika hendak pulang ke pemondokan, akibat dimensia.

Menyikapi hal ini, Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan, Dr.dr. Eka Jusuf Singka, MSc meminta kepada Tim Perlindungan Jemaah Haji (Linjam) Kementerian Agama untuk membantu para jemaah haji yang sering tersesat, akibat dimensia.

“Khusus Tim TPP dan TGC yang bertugas di lingkungan Masjid Nabawi agar memberi perhatian kepada jemaah yang sering lupa, akibat dimensia ini, terutama setelah shalat dzuhur dan shalat isya”, kata dr. Eka.

Menurut Kepala Bidang Kesehatan PPIH Arab Saudi, dr. Etik Retno Wiyati, MARS, jika terdapat permasalahan kesehatan, TGC akan melakukan penanganan medis dan selanjutnyanya dinilai, apakah dikembalikan ke.kloter atau perlu penanganan lanjut dirujuk KKHI ataupun RSAS.

Selanjutnya, bila memerlukan rujukan TGC akan menggerakkan ambulans terdekat untuk menjemput jemaah dan merujuk sesuai kondisi medisnya (p/ma)