Mahasiswa UI Belajar Reformasi Birokrasi di Kementerian PANRB

By Admin

nusakini.com--Sebanyak 120 mahasiswa/i jurusan ilmu Administrasi Negara Universitas Indonesia melakukan kunjungan ke kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Kunjungan para mahasiswa yang berasal dari semester 4 dan 6 tersebut merupakan program Institutional Visit, dengan tujuan mempelajari Reformasi Birokrasi yang merupakan tugas Kementerian PANRB. 

Dalam kesempatan tersebut Pendamping Mahasiswa Kusnar Budi program Institutional Visit merupakan program kunjungan ke instansi pemerintah. Tujuannya agar mahasiswa mendapat bekal pengalaman dalam menghadapi dunia kerja sesuai dengan bidang pendidikan. Pemilihan Kementerian PANRB sebagai lokasi kunjungan untuk memberikan mahasiswa ilmu dalam bidang Reformasi Birokrasi. 

“Diharapkan melalui kunjungan yang kita beri nama Institutional Visit ini dapat memberi pemahaman soal Reformasi Birokrasi kepada para mahasiswa, sesuai dengan konsentrasi jurusan yakni Administrasi Negara,” ujarnya, Kamis (03/05). 

Sementara itu Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman menyambut baik kunjungan dari segenap mahasiswa UI tersebut. Diharapkan dengan materi yang disampaikan kepada para mahasiswa, dapat menjadi bekal yang dapat diterapkan baik dalam kehidupan sehari hari maupun dunia kerja. 

Dalam kesempatan tersebut Herman menjelaskan perihal tugas dan fungsi Kementerian PANRB, baik dalam hal tata laksana, SDM, serta pelayanan publik. Sementara pemateri yang lain yakni Kepala Bagian Administrasi dan Pelaporan Aan Syaiful Ambia memberi pemahaman mengenai reformasi birokrasi, serta akuntabilitas kinerja guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik. 

Salah seorang mahasiswa Farhan menyampaikan jika apa yang disampaikan oleh para narasumber sangat memberi manfaat positif, pasalnya apa yang disampaikan sesuai dengan konsentrasi jurusan pendidikan yang tengah diambil. Disampaikan bahwa apa yang dijelaskan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan apa yang didapat dalam kampus, namun yang membedakan adanya penyajian data yang lebih komperhensif. 

“Kegiatan ini memberi banyak ilmu positif, mudah mudahan acara semacam ini dapat lebih sering dilakukan. Terlebih seperti kunjungan ke Kementerian PANRB yang sesuai dengan jurusan yang kami ambil,” ujarnya. 

Hal senada juga disampaikan Irani mahasiswi jurusan Ilmu Administrasi Negara UI yang mendapat banyak pengetahuan terkait reformasi birokrasi. Ilmu tersebut dirasa sangat berguna terutama dalam dunia kerja nantinya. Melalui kunjungan tersebut ia pun mengetahui apa saja yang menjadi tugas dan fungsi Kementerian PANRB.(p/ab)