Mahasiswa KKN Unhas Desa Cinnong Sosialisasikan Bank Sampah

By Abdi Satria


nusakini.com-Bone-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universtas Hasanuddin (Unhas) di Desa Cinnong, Kecamatan Barebbo, Bone mengadakan sosialisasi Racangan Bank Sampah Desa Cinnong sebagai Unit Usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Acara ini merupakan program Desa Cinnong yang dirangkaikan dengan program Kecamatan Barebbo. Program kecamatan tersebut adalah Seminar dan Pelatihan Pengolahan Sampah Organik dan Anorganik. Kegiatan ini diadakan di Kantor Desa Cinnong pada Jumat (12/7).

Sosialisasi ini dihadiri oleh perangkat Desa Cinnong dan masyarakat. Gerald Matthew selaku Koordinator Desa menuturkan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait dengan sinergi permasalahan lingkungan dan perekonomian. 

"Sosialisasi ini muncul setelah kami menganalisa persoalan lingkungan dan perekonomian yang menjadi isu sentral dari Desa Cinnong sendiri," ujarnya. Ia melanjutkan bahwa mereka melihat sampah sebagai potensi untuk meningkatkan perekonomian Desa Cinnong.

Acara ini sendiri dibagi menjadi empat sesi. Sesi pertama adalah materi Edukasi Hukum tentang Unit Usaha BUMDes oleh Gerald Matthew. Sesi kedua Manajemen Pengelolaan Bank Sampah oleh Evin Diku. Serta sesi ketiga mengenai Pengolahan Sampah Organik dan Anorganik oleh Nur Afni Yunar. Selanjutnya, kegiatan ini ditutup dengan sesi tanya jawab serta demonstrasi pengolahan sampah organik dan anorganik. (Miftahul Jannah)