Mahasiswa Indonesia Berprestasi di Amerika Serikat Siap Membangun Indonesia

By Abdi Satria


nusakini.com-Oregon-Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di San Francisco bersama dengan atase pendidikan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington DC menghadiri rangkaian kegiatan wisuda dan perayaan kelulusan pelajar dan mahasiswa Indonesia di Corban University di kota Salem, negara bagian Oregon, akhir pekan lalu. Acara wisuda ini juga dihadiri oleh Gubernur provinsi Papua, Lukas Enembe. 

Gubernur Lukas Enembe mendorong putra putri daerah untuk menuntut ilmu di luar negeri dengan beasiswa Pemda Papua. Sebanyak 10 mahasiswa Indonesia berasal dari berbagai provinsi diwisuda pada kesempatan tersebut. 7 mahasiswa dari provinsi Papua, Papua Barat, serta 3 mahasiswa dari Jawa Barat dan Banten. 

Sebanyak 3 orang mahasiswa Indonesia yang berasal dari Banten, Jawa Barat serta provinsi Papua berhasil meraih predikat cum laude dalam kelulusan mereka. Selain itu, salah satu dari mahasiswa Indonesia asal Papua juga meraih penghargaan ministry awards dari kampus Corban University. 

Prestasi generasi muda Indonesia ini merupakan satu kebanggaan yang mengharumkan nama Indonesia. Dalam sambutannya, Gubernur Lukas Enembe menyampaikan pesan “kepada para wisudawan dan wisudawati untuk terus berprestasi dan menyumbangkan keahlian mereka bagi pembangunan di Indonesia. Bagi para mahasiswa yang masih menuntut ilmu, agar serius dalam menuntut ilmu dan memanfaatkan kesempatan baik ini bagi proses pembelajaran yang maksimal yang dapat berguna bagi bangsa dan negara Indonesia di mana pun mereka berada." 

Gubernur Lukas Enembe juga menekankan bahwa mereka adalah Warga Negara Indonesia yang wajib menjaga dan mengharumkan nama Indonesia. Dia juga berpesan kepada para mahasiswa Indonesia asal Papua agar mereka dapat menjadi agent of change bagi pembangunan provinsi Papua lebih baik lagi di masa mendatang. Para wisudawan dan wisudawati juga mendapat hadiah dari Gubernur Papua atas keberhasilan mereka dalam menuntut ilmu tepat waktu. 

Minister Counsellor/Konsul Ekonomi KJRI San Francisco, Hanggiro Setiabudi menyampaikan “selamat kepada para wisudawan dan wisudawati, seluruh mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat dapat menuntut ilmu dengan serius agar dapat memberikan manfaat bagi kemajuan Indonesia. Perwakilan Republik Indonesia di Amerika Serikat siap membantu dan mendampingi pelajar dan mahasiswa Indonesia sekiranya mereka menghadapi hambatan." 

Atase pendidikan dan kebudayaan dari KBRI Washington DC, Popy Rufaidah, menyampaikan kepada para mahasiswa Indonesia mengenai kesempatan untuk magang (optional practical training) di perusahaan setempat selama 1 tahun setelah kelulusan mereka. Diharapkan mahasiswa Indonesia dapat memanfaatkan kesempatan tersebut. 

Gubernur Papua juga menghadiri rangkaian kegiatan acara wisuda dengan perayaan upacara bakar batu di area kampus Corban University yang dihadiri pula oleh 200 orang undangan yang terdiri dari masyarakat Indonesia di kota Salem serta masyarakat setempat yang selama ini mendukung pelajar dan mahasiswa Indonesia asal Papua selama mereka menuntut ilmu di kampus Corban.(p/ab)