Luruskan Pernyataan JK, Husain Abdullah: Bukan Beli Lahan Tapi Prabowo Beli Kiani Kertas

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Juru bicara (jubir) Wapres Jusuf Kalla (JK) Husain Abdullah menyatakan Prabowo Subianto membeli PT Kiani Kertas yang di dalamnya terdapat lahan konsesi seluas 220.000 hektare. Hal tersebut disampaikan Husain Abdullah, Selasa (19/2/2019), terkait pernyataan JK yang menyatakan Prabowo Subianto membeli lahan yang berada di bawah penanganan Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN).

Saya perlu meluruskan sedikit pernyataan Bapak (Jusuf Kalla), bukan beli lahannya," kata Husain Abdullah.

Sebelumnya, JK mengungkapkan lahan Prabowo yang ada di Kalimantan justru merupakan atas izinnya. Setelah kredit macet dan sempat diambil alih bank, pengelolaan lahan itu kemudian dibeli oleh Prabowo.

"Kebetulan waktu itu saya yang kasih itu. Itu di tangan BPPN (Badan Penyehatan Perbankan Nasional), kemudian di tangan Bank Mandiri, karena itu kredit macet.  Prabowo (bilang) bahwa dia mau beli. Saya tanya, you beli tapi cash, tidak boleh utang. Siap (kata Prabowo). Dia beli, pakai cash," ujar JK.

Hal itu terjadi pada sekitar 2004, belum lama ketika JK menjabat menjadi Wakil Presiden. Dia menilai pengelolaan lahan itu lebih baik diambil Prabowo, ketimbang jatuh ke tangan asing.

Lebih baik dia daripada perusahaan asing. Waktu itu. Saya yang putuskan. Mungkin baru satu minggu saya menjabat Wapres," kata JK. (b/ma)