Luar Biasa, Serapan Pupuk Phonska Plus di Blora Tinggi

By Admin

peluncuran pupuk Phonska Plus oleh Dirut PI dan Dirut PG  

nusakini.com - BLORA - Luar biasa, pasalnya tingkat penjualan pupuk Phonska Plus di Blora dalam kurun waktu setahun terakhir tergolong tinggi di Jawa Tengah. Penyerapannya mencapai 1.500 ton di tahun 2017. 

"Penjualan di Blora tinggi karena merupakan kabupaten yang potensial di bidang pertanian. Blora merupakan salah satu lumbung padi Jawa Tengah," ujar Direktur Pemasaran Petrokimia Gresik, Meinu Sadariyo di sela-sela acara Gebyar Phonska Plus di Lapangan Desa Kemantren, Kecamatan Kedungtuban, Blora

Gebyar Phonska Plus yang diselenggarakan Petrokimia Gresik, Sabtu (12/5/2018) lalu, tersebut merupakan bentuk penghargaan Petrokimia Gresik kepada petani Blora yang telah setia menggunakan Phonska Plus. Selain hiburan, disediakan pula klinik pertanian. Di klinik pertanian itu, para petani dan pengunjung bisa berkonsultasi langsung tentang pertanian, baik tentang pemupukan, hama penyakit tanaman, atau informasi pertanian secara umum.

"Acara ini juga kami selenggarakan agar petani semakin mengenal pupuk NPK andalan Petrokimia Gresik yang telah terbukti mampu meningkatkan hasil panen petani, yaitu Phonska Plus," kata Meinu Sadariyo.

Dalam acara itu, juga diberikan penghargaan kepada lima kios dengan angka penjualan tertinggi di Kabupaten Blora. Tingginya serapan Phonska Plus tidak lepas dari kualitas pupuk tersebut yang telah dibuktikan oleh para petani.

"Petani suka menggunakan Phonska Plus, karena bagus kualitasnya, sehingga kios mudah untuk menjualnya," kata Supardi dari UD Rahmat, kios dengan jumlah penjualan tertinggi di Blora.

Manfaat Phonska Plus untuk tanaman juga telah dibuktikan oleh Muhammad Rifai petani padi dari Kecamatan Kedungtuban. Dia mengungkapkan, sejak memakai pupuk Phonska Plus, hasil panen padinya meningkat. "Memang kenyataannya seperti itu," ungkapnya.
Sebelum diluncurkan, NPK yang diperkaya dengan Sulfur dan Zink itu telah diuji oleh berbagai lembaga penelitian. Diantaranya Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Tengah, BPTP Jawa Timur, Universitas Brawijaya, dan BPTP NTB.

"Jadi petani tidak perlu ragu untuk menggunakan Phonska Plus, karena sudah diuji kualitasnya oleh lembaga penelitian dan dibuktikan langsung oleh para petani Blora," ujar Direktur Pemasaran Petrokimia Gresik, Meinu Sadariyo. (b/ma)