Lombok Kembali Diguncang Gempa, TIM ERG dan TTD Tetap Siaga Di Lokasi Bencana

By Admin

nusakini.com--Provinsi Nusa Tenggara Barat hari Minggu (19/8), kembali diguncang gempa dengan magnitudo 5,4 Skala Richter (SR). Menurut Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), gempa tersebut masih merupakan gempa susulan dari gempa utama 7,0 SR yang mengguncang tanggal 5 Agustus 2018 lalu. 

Hari ini telah terjadi dua gempa bumi yang merupakan bagian dari rangkaian gempa bumi susulan sejak 5 Agustus 2018 lalu. Gempa susulan pertama terjadi pukul 11:06:13 WIB, di lokasi 8,29 LS dan 116,62 BT dengan magnitudo 5,4 S.R. pada kedalaman 10 km, berjarak 25 km arah timurlaut Lombok Timur, NTB. Gempa bumi susulan berikutnya terjadi 4 menit kemudian yaitu pada pukul 11:10:22 WIB di lokasi 8,24? LS dan 116,66? BT, dengan magnitudo lebih besar yaitu 6,5 SR pada kedalaman 10 Km, berjarak 32 Km timurlaut Lombok Timur. 

PVMBG memperkirakan penyebab gempa bumi berdasarkan posisi dan kedalamannya sumber gempa bumi berasosiasi dengan zona pensesaran naik ( Flores back- arc Thrust) yang berarah relatif barat-timur. 

Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari pemerintah daerah dan BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami. Gempa bumi susulan diharapkan lebih kecil dari gempa bumi utama, namun masyarakat diharapkan agar tetap waspada.  

Kementerian ESDM saat ini sudah menyiagakan Tim Emergency Response Group (ERG) yang berasal dari 22 perusahaan tambang Indonesia di berbagai lokasi di lokasi terdampak bencana untuk memberikan bantuan. Tim ERG yang saat ini sudah bergabung memiliki kemampuan mencari atau rescue sebanyak 118 orang, dokter 27 orang, paramedis 10 orang serta 2 anjing pelacak. Tim ERG akan terus bersiaga di wilayah bencana gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan mendirikan posko di Kabupaten Pemenang.  

Selain Tim ERG, di lokasi bencana juga sudah ada tim tanggap darurat (TTD) Badan Geologi, Kementerian ESDM yang terdiri dari Tim Gunungapi, Gempa Bumi dan Air Tanah. Ketiga tim TTD tersebut memberikan bantuan sesuai dengan kompetensi mereka seperti Tim Air Tanah yang memberikan bantuan sarana air bersih bagi masyarakat dan pengungsi.(p/ab)