Liverpool Raih Gol Tandang Di Signal Iduna Park

By Admin


nusakini.com - Liverpool berpeluang ke semifinal Liga Eropa setelah menahan imbang 1-1 tuan rumah Borussia Dortmund di Signal Iduna Park, Jumat (8/4/2016) dinihari WIB. Bagi The Reds hasil di leg pertama membuat mereka hanya butuh bermain tanpa gol saat menjamu Dortmund di Stadion Anfield pekan depan sekaligus meraih tiket semifinal.

"Hasil imbang ini terlihat memudahkan kerja kami di leg kedua. Tapi, saya tegaskan masih ada 90 menit tersisa dan segala kemungkinan bisa terjadi," kata Juergen Kloop, pelatih Liverpool.

Kloop sendiri mendapat sambutan meriah dari pendukung Dortmund. Pasalnya Kloop adalah sosok kunci sukses Dortmund meraih dua kali trofi Bundesliga Jerman. 

Meski gagal menang, Dortmund tampil baik dengan unggul dalam penguasaan bola dan peluang mencetak gol lebih banyak dari Liverpool. 

Tuan rumah langsung mengambil inisiatif menyerang setelah laga bergulir. Pada menit ke-17, Julian Weigi bisa membuat timnya unggul andai sepakan kaki kananya dari dalam kotak penalti tidak diblok barisan pertahanan Liverpool. 

Memasuki menit ke-34, giliran Henrikh Mkhitaryan unjuk gigi membangun serangan. Namun sayang, tendangan kaki kiri pemain asal Armenia itu masih melebar di sisi kiri gawang Simon Mignolet. 

Keasyikan menyerang, membuat Dortmund kehilangan konsentrasi dalam bertahan. Setelah menerima umpan James Milner pada menit ke-36, Divock Origi dengan tenang melepaskan tembakan yang sukses merobek jala Roman Weidenfeller. 

Jelang paruh pertama berakhir, The Reds hampir menggandakan keunggulan melalui Origi. Namun, sepakan penyerang berusia 20 tahun itu masih bisa dihentikan Weidenfeller. Skor 1-0 untuk Liverpool bertahan hingga jeda. 

Dortmund akhirnya sukses menyamakan kedudukan melalui Mats Hummels, selang tiga menit setelah babak kedua dimulai. Menerima umpan Mikhtaryan, sang kapten dengan sigap menanduk bola kiriman rekannya. 

Liverpool berusaha merespon gol tersebut dengan kembali melakukan serangan demi serangan. Akan tetapi, penampilan apik yang ditunjukan Weidenfeller di bawah mistar gawang, sukses menggagalkan sejumlah peluang pasukan Jurgen Klopp. 

Memasuki menit ke-59, giliran Marco Reus yang mengancam gawang Liverpool. Akan tetapi, sepakan kaki kanan pemain asal Jerman itu dengan mudah dihentikan Mignolet. Hingga laga berakhir tidak ada lagi gol yang tercipta. Skor imbang 1-1 bertahan hingga laga usai. 

Berdasarkan statistik UEFA sepanjang pertandingan, Liverpool mencatatkan 37 persen penguasaan bola dengan melepaskan 13 tembakan dan enam yang mengarah ke gawang. Sementara itu, Dortmund memperoleh tujuh peluang dari 16 kesempatan. (ab)