Lionel Messi Terbaik, Tapi Cristiano Ronaldo Pantas Raih Ballon D'Or

By Admin


nusakini.com - Tidak lengkap rasanya membicarakan rivalitas Barcelona dan Real Madrid jika tanpa membandingkan siapa yang lebih hebat di antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Persaingan keduanya dipastikan bakal kian sengit setelah dua pekan lalu Ronaldo berhasil menggondol Ballon d'Or kelimanya sekaligus menyamai koleksi milik Messi. Laga El Clasico pada Sabtu (23/12) depan bakal menjadi panggung keduanya untuk kembali unjuk kemampuan.

Ditanya soal rivalitas duo megabintang itu, mantan playmaker Barcelona Rivaldo percaya jika Messi masih layak disebut pemain terbaik di dunia. Namun, Rivaldo juga mengapresiasi tinggi keberhasilan Ronaldo menyabet Ballon d'Or 2017.

"Saya ingin bermain bersama Messi. Dia adalah yang terbaik di dunia, sosok yang bisa menjadi pembeda," kata Rivaldo kepada Betfair.

"Ronaldo? Dia adalah pemain yang paling berbahaya di Real. Seperti Messi, dia sulit dihentikan, karena keduanya mampu mencetak gol di momen apa pun. Ronaldo memenangi Ballon d'Or karena dia memang pantas meraihnya," kata pemenang Ballon d'Or 1999 ini.

Rivaldo juga mengklaim dirinya mungkin saja bisa menyaingi Ronaldo dan Messi andai bermain di era yang sama. "Sebab di masa saya, sepakbola terasa lebih sulit. Saya ingat Figo, Del Piero, Totti bersaing ketat dengan saya [untuk meraih Ballon d'Or]," jelasnya.

"Saya hanya ingin mengatakan bahwa keduanya adalah pemain yang sangat bagus. Tapi di masa saya, Anda bisa menemukan lebih banyak pemain yang berkualitas ketimbang di era sekarang yang hanya berkutat pada Messi, Ronaldo, atau Neymar."

Pemain yang disebut terakhir turut menjadi bahasan Rivaldo. Menurutnya, Neymar membuat keputusan tepat dengan hengkang ke Paris Saint-Germain dari Barcelona, yang memecahkan rekor transfer dunia.

"Dia ingin menjadi yang terbaik dan membuat keputusan tepat jika hendak memenuhi ambisinya itu," sambungnya. Ditanya lebih lanjut soal potensi Neymar ke Madrid, Rivaldo menjawab, "Anda tidak akan pernah tahu."

Pada akhirnya, pemenang Piala Dunia 2002 ini memberikan prediksi hasil Madrid versus Barca akhir pekan ini. "Di El Clasico, tidak ada favorit pemenang karena Barcelona tahu caranya menang di Bernabeu dan begitu pula sebaliknya, Madrid bisa menang di Camp Nou," imbuhnya.

Selama berkarier di Barcelona pada 1997 hingga 2002, Rivaldo sukses dua kali memenangi La Liga Spanyol dan total mengemas 136 gol dari 253 laga. (fft/om)