Lintasan Atletik Stadion Jatidiri: Nyaman, Seperti Ada Efek “Bouncing”

By Abdi Satria


nusakini.com-Semarang-Kesempatan ujicoba lintasan atletik Stadion Jatidiri Semarang, Jumat (13/12), tak disia-siakan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah Atikoh Ganjar Pranowo. Wanita yang hobi berolahraga itu langsung menjajal lintasan bersama beberapa atlet dari Balai Pemusatan Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLOP) Jawa Tengah. 

Meski merasa tak sebanding dengan para atlet tersebut, Atikoh berhasil menyelesaikan jarak tempuh 10 kilometer. Dia mengungkapkan kenyamanannya berlari di lintasan atletik Stadion Jatidiri yang terlihat megah tersebut. 

“Track-nya ini benar-benar untuk orang lari. Sangat nyaman, beban kaki berkurang, seperti ada efek bouncing (memantul). Ini jadi fasilitas yang sangat bagus bagi pelari di Jawa Tengah, khususnya bagi atlet,” terang Atikoh. 

Kenyamanan serupa juga dirasakan salah satu atlet lari PPLOP Jawa Tengah, Salsabila (16). Ia senang dan bangga karena Stadion Jatidiri ini sudah mulai nampak megah dan segera selesai pembangunannya. 

“Yang jelas sih senang sekali, ada fasilitas yang sangat nyaman digunakan untuk latihan. Bakal tambah semangat berlatih nih,” ungkapnya. 

Salsabila berharap fasilitas stadion akan terus terjaga dengan mendapatkan perawatan yang maksimal. Sehingga tidak cepat rusak dan dapat dimanfaatkan secara maksimal. 

“Seharusnya nanti ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Stadionnya sudah bagus, keren begini. Harapannya nggak cepat rusak dan bisa lebih meningkatkan motivasi untuk meraih prestasi,” pungkasnya. 

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Sinoeng N Rachmadi mengatakan test commissioning yang dilaksanakan pada hari ini merupakan keseriusan Pemprov Jateng dalam mengelola sarana olahraga itu. Sehingga, lintasan atletik tersebut layak untuk penyelenggaraan event bertaraf international sesuai standar International Association of Athletics Federations (IAAF). (p/ab)