nusakini.com - Keberadaan dunia spionase. Intelijen dan polisi rahasia memang tak luput dari dinamika hubungan antar negara di masa lalu. Ancaman peperangan yang kerap melanda dunia membuat beberapa negara membentuk satuan organisasi yang bertugas khusus menjaga keamanan negaranya. Salah satunya adalah apa yang dikenal dengan sebutan polisi rahasia. Berbeda dengan perangkat kepolisian biasa, polisi rahasia ini sangat tertutup di kalangan masyarakat.

Namun dalam kondisi perang, polisi rahasia ini menjadi satuan organisasi yang kemudian tampil menakutkan. Tugas-tugas khusus yang diberi pada mereka cenderung menciptakan teror di masyarakat. Menculik, membunuh, bahkan melakukan pembantaian merupakan bagian yang menjadi bayang-bayang keberadan mereka.


Berikut adalah lima organisasi polisi rahasia (intelijen) paling kejam dan ditakuti di dunia:

Santebal – Kamboja

Santebal adalah polisi rahasia yang berasal dari Kamboja. Di masa lalu mereka banyak sekali menangkap orang yang dianggap bersalah, lalu memasukkannya ke dalam kamp konsentrasi. Di tempat ini mereka akan dipaksa bekerja dan juga disiksa hingga mati. Santebal tidak memiliki rasa kemanusiaan hingga membunuh bisa ia lakukan dengan tanpa merasa bersalah. Setidaknya ada puluhan ribu orang yang dieksekusi oleh Santebal di Kamboja. Kamp yang biasanya digunakan untuk tempat eksekusi sering disebut dengan S-21. Santenbal menjadi salah satu bencana terbesar yang pernah membuat Kamboja menjadi negeri penuh kengerian. Bahkan hidup di kala itu seperti memiliki nyawa seharga satu butir peluru saja.

National Security Service (NSS) – Amerika

NSS adalah salah satu polisi rahasia milik Amerika yang dikenal sangat kejam. Mereka bekerja tersebar hingga ke seluruh penjuru dunia. NSS banyak sekali menangkap orang-orang yang dicurigai mampu membahayakan Amerika. Mereka akan dimasukkan ke dalam sel tahanan dan segera mendapatkan hukuman yang mengerikan. Biasanya disiksa perlahan-lahan agar mau mengaku dan mengatakan banyak hal. NSS banyak sekali diprotes karena banyak sekali melakukan tindakan yang tidak manusiawi. Mereka dianggap sering sekali melanggar HAM hingga perlu dibubarkan. Saat ini NSS telah dijadikan satu dengan CIA. Namun apa yang mereka lakukan sepertinya masih berlanjut hingga sekarang.

Tonton Macoutes – Haiti

Tonton Macoutes adalah kelompok polisi rahasia yang dibentuk oleh Jean Claude Duvalier di Haiti. Sejak dibentuk, polisi ini telah membuat ketakutan di seluruh wilayah hingga warga jadi takut untuk sekadar keluar rumah. Para polisi ini sangat suka menculik anak-anak yang ia temui di jalan dan langsung memasukkannya ke dalam kantong untuk dibunuh. Selama beberapa tahun terbentuk, Tonton Macoutes telah banyak sekali menculik anak dan membunuh orang yang dianggap berkhianat pada organisasi. Mayat-mayat dari orang yang mereka bunuh, akhirnya dijual ke Amerika dengan harga yang cukup signifikan. Akhirnya organisasi mengerikan ini dihentikan dan membuat kasus penculikan dan pembunuhan berhenti dan berganti dengan kedamaian.

Gestapo – Jerman

Selain Nazi, Jerman juga memiliki sebuah organisasi militer bernama Gestapo. Organisasi ini dibuat untuk membantu Hitler menangani para pembangkang. Gestapo biasanya akan melakukan penangkapan kepada siapa saja yang dicurigai tidak setia pada Hitler. Orang-orang ini nantinya akan segera dieksekusi tanpa melalui pengadilan terlebih dahulu.

Gestapo juga melakukan sweeping secara diam-diam kepada orang-orang yang dicurigai sebagai seorang Yahudi. Mereka ditangkap dan dikumpulkan pada kamp konsentrasi. (am)