Lewat Gempita Ribuan Petani Luwu Utara Diguyur Program Bantuan

By Admin

nusakini.com - Luwu Utara- Ratusan ketua kelompok tani  bersuka cita sambut acara serah terima bantuan Benih jagung Kementan dan MOU petani Asuransi Dengan BPJS di desa Patimang Kecamatan Malangke kab  Luwu Utara. 05/12/2018.

Kegiatan yang bertema Gerakan Tanam jagung wujudkan kedaulatan pangan ini Koordinator Nasional Gempita, Muh Riyada, Bupati Indah putri indriyani, Kapolres, Kepala Dinas pertanian dan jajaran penyuluh.

Acara diisi dengan Penandatanganan MOU BPJS ketenagakerjaan dengan GEMPITA Luwu Utara. penyerahan benih jagung secara simbolis oleh Bupati Luwu Utara, serta penyerahan kartu BPJS secara Simbolis. 

Sekretaris Gempita Luwu Utara  Kadding melaporkan jumlauntuk  realisasi  bantuan benih jagung s 6014 ha tersebar di empat kecamatan, terdiri 260 Kelompok yang meliputi Kecamatan Masamba,  sabbang,  malangke barat dan malangke " Bantuan ini lewat anggaran pusat  dari kementan terealisasi berkat dukungan dan kekompakan semua pihak membantu program  Pemerintah pusat", ungkap Kadding.

Senada hal tersebut, dalam sambutannya Muh riyada Kornas Gempita menuturkan Bahwa program Bantuan  ini bukti kecintaan pemerintahan Jokowi pada petani "Jokowi bersama Mentan Andi Amran dan gerakan Kaum muda berjuang dan melayani petani" Tutur Dadank panggilan akrab Kornas Gempita.

Keberpihakan pemerintah pusat bantuan benih, Alat mesin pertanian, penetapan harga, Asuransi dll untuk memastikan percepatan kesejahteraan seluruh petani" tegas Dadank.

Dia menegaskan, Keberadaan Gempita merangkul dan mengajak pemuda untuk sejahtera dari bertani, "Modernisasi pertanian akan terwujud ditangan pemuda, makanya penting meyakinkan mereka untuk ditarik ke pertanian" ungkap dadank

Sementara itu Bupati Luwu Utara Indah putri Indriyani dalam sambutannya mengungkapkan, bantuan kali ini Bukan yang Pertama, kementerian memberikan bantuanyang sama melalui GEMPITA, "jadi ini Tahun kedua namun kali ini beda kita memberdayakan seluruh pemangku kepentingan termasuk  digerakkan seluruh pemuda" Ungkap bupati.

"Olehnya itu saya mengajak seluruh petani untuk selalu mensyukuri limpahan Rahmat dan Guyuran bantuan pemerintah pusat. Tutur bupati mengingatkan


Bupati Indah mengungkapkan, berbagai program Kementan digelontorkan guna mendongkrak dan percepat kesejahteraan rakyat "Dengan gerakan tanam jagung sebagai bentuk kesyukuran kita atas tanah yang subur dan dukungan pemerintah yang berlimpah" ujar Ibu Bupati.

Bantuan dari pemerintah tidak pernah berhenti tinggal bagai mana kita bisa memanfaatkannya dengan baik". ucap bupati

"Harapan kami bantuan pemerintah  kepada kita tolong manfaatkan dengan baik,  kami berharap kita semua mampu bekerjasama dengan baik,  karna jagung ini modal kita mewujudkan kedaulatan pangan. Himbau ibu Indah


Bupati melanjutkan, luwu Utara memiliki luas lahan jagung 16 ribu hektar sepantasnya disebut penjaga kedaulatan pangan di Sulawesi Selatan, komoditi yang sudah eksis ini harus dijaga produktifitasnya, Selain jagung Luwu Utara punya Sagu. Jelas Ibu Indah.

"Di mana orang Jepang menyebutnya bahan pangan masa depan, tentunya kita sudah siap mengekspor sebab sagu termasuk komoditi asli Luwu utara"tukas bupati. (p/ma)