nusakini.com-Probolinggo - Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa mengatakan, jenis pelayanan MPP tak harus sama dengan MPP di kota/kabupaten lainnya. “Tidak semua pelayanan harus sama, namun disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat," ujarnya saat meninjau MPP Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Senin (25/03). 

MPP yang menempati eks gedung pemerintah daerah tersebut sudah beroperasi setelah dilakukan soft launching pada 19 Desember 2018. Fasilitas pelayanan publik modern ini memiliki 269 jenis layanan yang terdiri dari 202 jenis layanan OPD Kabupaten Probolinggo dan 67 layanan dari kementerian/lembaga. 

Diah mengungkapkan, Kementerian PANRB akan terus melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap penyelenggaraan MPP sehingga ke depannya menjadi salah satu grand strategy peningkatan kualitas pelayanan publik nasional hingga ke seluruh penjuru wilayah Indonesia. Salah satunya dengan mendorong integrasi pelayanan pada MPP. 

Dikatakan, pembangunan MPP merupakan salah satu cara untuk menjawab tuntutan masyarakat di era globalisasi, yang membutuhkan pelayanan publik yang efisien, efektif, cepat, murah, dan tak berbelit. Dengan terintegrasinya banyak layanan, masyarakat tak perlu repot berpindah gedung untuk mengurusi satu layanan. “Semakin banyak instansi yang bergabung, baik instansi pusat, perbankan akan semakin baik. Sebab dengan demikian, MPP menggerakan cash less payment pada pelayanan," ungkapnya. 

Dalam kesempatan itu, Bupati Probolinggo Puput Tantriana mengharapkan berbagai masukan dapat segera terealisasi sehingga dapat memberikan pelayanan yang memuaskan bagi masyarakat Probolinggo. “Kami berterimakasih dengan kehadiran ibu Deputi, sehingga bisa menjadi motivasi dan masukan bagi kami," imbuhnya. 

Sementara, Kepala Dinas PTSP Probolinggo Hadi Prayitno mengatakan, jajarannya terus berupaya mengembangkan pelayanan yang ada di MPP. "Kami selalu menyempurnakan agar harapan masyarakat dapat kami fasilitasi. Hampir semua masyarakat menyambut baik dan berterimakasih dengan kehadiran pelayanan di MPP," pungkasnya. (p/ab)