Lancarkan Arus Balik, Polri Berlakukan ‘Contra Flow’ dan ‘One Way’ Terpanjang Dalam Sejarah

By Admin

nusakini.com--Guna melancarkan arus balik pemudik dari wilayah Timur dan Tengah Pulau Jawa, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) pada Selasa (19/6) malam telah memberlakukan contra flow dan one way di jalur tol dari Kertasura (Jateng) hingga Cawang (Jakarta). 

“Tadi malam itulah contra flow dan one way terpanjang dalam sejarah Indonesia. Sepanjang 294 kilometer, dari Tol Kertasura di Kabupaten Tegal hingga Tol Cawang KM 3,” kata Kapolri Jenderal Tito kepada awak media di Pos Terpadu Cikopo, Subang, Jawa Barat, Rabu (20/6).

Berdasarkan hasil analisa mengenai arus balik hingga Selasa (19/6), menurut Kapolri, hampir 65 persen arus balik dari daerah timur sudah kembali ke Jakarta. “Kepadatan sendiri mulai terjadi sejak Senin (18/6), Selasa (19/5/2018), dan diperkirakan akan berlanjut hingga hari ini, Rabu (20/6),” ujar Tito. 

Kapolri mengaku sudah mengimbau agar masyarakat tidak pulang di hari yang sama, jam yang sama, di tempat yang sama. “Yaitu pada tanggal 18, 19, dan 20 ini,” ucapnya. (p/ab)