Lahan di Ciangir Terus Dikembangkan untuk Pertanian

By Admin


nusakini.com-Jakarta-Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta terus melakukan pengembangan pertanian dengan memanfaatkan lahan yang ada di Ciangir, Tangerang, Banten. 

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, lahan seluas 2,5 hektare tersebut saat ini 1 hektare di antaranya digunakan untuk menanam cabai dan sudah beberapa kali panen.

"Kita ingin menanam beraneka sayur-mayur atau komoditas pertanian lainnya di lahan yang belum digunakan," ujarnya, Selasa (18/12). 

Darjamuni menjelaskan,selain kelompak tani (Poktan) dari Jakarta Timur, dalam pemanfaatan lahan tersebut pihaknya turut memberdayakan kelompok tani di sekitar lokasi, mulai dari proses pra tanam hingga panen. 

"Poktan dari Jakarta Timur kita fasilitasi sewa rumah di sana. Kita ingin semua Poktan yang kita libatkan bisa berkolaborasi dan bersinergi," terangnya. 

Ia menambahkan, Dinas KPKP akan melakukan evaluasi lebih lanjut dari pelaksanaan program tersebut, termasuk upaya untuk meminimalisir biaya operasional. 

"Tahun depan kita rencanakan untuk membuat rumah jaga di lahan Ciangir supaya tidak perlu sewa lagi," tandasnya.(p/ab)