Lagi, Rakyat Papua Akhirnya Rasakan Penerangan, Inilah Capaian Program LTSHE

By Admin


nusakini.com - Boven Digoel - Dalam rangka memberikan akses penerangan di daerah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal), Pemerintah kembali membagikan bantuan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) sebanyak 601 unit bagi warga Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua. Hadirnya lampu surya di Kabupaten Boven Digoel Papua diharapkan tidak hanya menerangi pedesaan yang sebelumnya belum dapat menikmati akses listrik, namun juga dapat mendorong roda perekonomian bagi penduduk setempat.

Adapun pemasangan LTSHE di Kabupaten Boven Digoel tahun 2018 dialokasikan sebanyak 601 unit yang tersebar di 7 Distrik, yaitu Distrik Kia, Sesnuk, Firiwage, Manggelum, Kawagit, Kombay dan Ambatkwi.

"Semua lampu sudah terpasang, dan mohon dipelihara dan dijaga, semoga dapat mendukung dan menjadi motivasi kepada masyarakat untuk menumbuhkan roda perekonomian, sehingga kegiatan ekonomi masyarakat Boven Digoel berjalan baik dan meningkat", ujar Direktur Konservasi Energi, Haryanto yang hadir di Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel, Kamis (13/12/2018), dan secara simbolis menyerahkan unit LTSHE kepada perwakilan Pemerintah Kabupaten Boven Digoel, Rufus Burok, dan selanjutnya akan diteruskan untuk perwakilan tiap Distrik.

Ditempat yang lain, Masyarakat Kabupaten Dogiyai, Papua juga telah merasakan penerangan, setelah 4.680 rumah mendapatkan bantuan gratis Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). 

Bantuan ini diberikan langsung oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Wawan Supriatna, dan Staf Khusus Menteri ESDM Hadi M Djuraid pada Kamis (13/12/2018). Pembagian ini ditujukan kepada rumah-rumah yang belum terjangkau oleh aliran listrik Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Tahun ini target pemasangan LTSHE di Dogiyai sudah terpenuhi, harapan kami tahun depan kami dapat melanjutkan pemasangan di dusun-dusun lain yang masih gelap," kata Wawan.

Sebagai informasi , Program LTSHE telah dimulai pada tahun 2017, dan telah dilaksanakan di 5 Provinsi (Maluku, NTB, Riau, Papua dan Papua Barat), dengan capaian jumlah unit LTSHE yang terpasang sekitar 79.556 unit, tersebar di 1.208 Desa. 

Pada tahun 2018, program LTSHE akan dilaksanakan di 16 Provinsi, dengan jumlah unit LTSHE sekitar 173.208 unit, dengan jumlah anggaran sebesar 600 Miliar. Sampai dengan saat ini LTSHE yang sudah terpasang sebanyak 167.215 unit atau sekitar 97%. 

Pada tahun 2019, program LTSHE direncanakan akan dipasang sebanyak 98.481 unit di 27 Provinsi. (p/ma)