Kunker ke Jateng, Presiden Jokowi Akan ‘Launching’ Fasilitas Kemudahan Impor Bagi IKM

By Admin

nusakini.com--Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (30/1) ini masih melanjutkan kunjungan kerjanya ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah. Hari ini, Presiden Jokowi dijadwalkan akan meresmikan Pasar Sambi, di Desa Tempursari, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. 

Usai peresmian Pasar Sambi, rombongan Presiden Jokowi akan menuju Sentra Kerajinan Tembaga Tumang, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali. Di tempat ini Presiden Jokowi dijadwalkan akan me-launching Kebijakan Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Bagi Industri Kecil dan Menengah (KITE IKM). 

Dalam kesempatan itu, juga diagendakan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Menteri Keuangan dan Menteri Perindustrian tentang Pengembangan Industri Kecil dan Industri Menengah (IKM) Berorientasi Ekspor. 

Data Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menunjukkan, kontribusi IKM Indonesia terhadap ekspor nasional masih relatif rendah jika dibandingkan negara-negara lain di kawasan Asia Pasifik. Kontribusi sektor IKM terhadap ekspor Indonesia tahun 2015 hanya 15,8 persen, jauh lebih kecil dibandingkan dengan negara-negara sekawasan di Asia Tenggara. Kontribusi sektor IKM Thailand terhadap ekspor 29,5 persen dan Filipina 20 persen. 

Dengan diluncurkannya Fasilitas KITE IKM ini diharapkan dapat memberikan bantuan kepada para pelaku usaha yang bergerak di industri kecil dan menengah agar dapat meningkatkan ekspor. 

Fasilitas ini dimaksudkan untuk membantu IKM dalam menggiatkan sektor usahanya. Insentif fiskal dan kemudahan prosedur yang diberikan juga bertujuan untuk membuat IKM lebih bergairah. Sehingga, ekspor dapat meningkat, kontribusi terhadap produk domestik bruto lebih besar, penyerapan tenaga kerja lebih tinggi, serta menciptakan desa-desa wisata IKM. 

​Agenda selanjutnya, Presiden Jokowi akan melakukan penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP), di SMKN 1 Mojosongo, Boyolali. Sementara pada Senin sore, Presiden Joko Widodo akan bersilaturahmi dengan jajaran TNI-POLRI se-Solo Raya. 

Malam harinya, Presiden dijadwalkan akan membuka Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (Rakernas APPSI) Tahun 2017 di Kabupaten Karanganyar. (p/ab)