Kunjungi Pasar Minggu, Mentan Amran: Harga Daging Sudah Rp 80 Ribu/kg

By Admin


nusakini.com - Di tengah teriknya matahari saat menjalankan ibadah puasa, Minggu siang, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman berkunjung ke Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kunjungan ini dalam rangka ingin memastikan harga pangan seperti daging sapi tetap terkendali menjelang Lebaran.

"Lihat, sekarang harga daging sudah dijual pada harga Rp 80.000 (daging beku), di pasar becek dari yang sebelumnya Rp 130.000/kg," kata Amran memperlihatkan harga yang tertera di beberapa lapak pedagang di Pasar Minggu, Minggu (26/6/2016).

Faktor yang mendorong penurunan harga daging adalah adanya pasokan tambahan sebanyak 9.000 ton atau setara 52.900 ekor dari tim Kementan yang diguyur mendekati Lebaran. Tambahan pasokan in melibatkan 10 perusahaan di luar penerima jatah impor dari Kementerian Perdagangan (Kemendag). 

"Kita baru mulai seminggu untuk yang dari tim kita saja. Kita gelontorkan 9.000 ton," ujarnya. 

Dari total 86 lapak, sebanyak 38 lapak sudah menjual daging dengan harga Rp 80.000/kg. Ini tidak hanya akan berlaku di Pasar Minggu. Melainkan juga 18 pasar utama di kawasan Jabodetabek. 

"Ini yang namanya pemotongan rantai pasok. Nggak perlu lagi lewat jagal. dari perusahaan itu langsung masuk ke pasar," terang Mentan Amran.  

Menurutnya, pedagang tidak mengalami kerugian. Seorang pedagang di Pasar Minggu bernama Burhanudin, saat ditanya Amran menjelaskan bahwa sudah menerima untung yang cukup besar dengan harga Rp 80.000/kg. Sehingga tidak perlu lagi menjual sangat tinggi. 

"Kami tidak bisa klaim sukses. Kita lihat saja sesuai berjalannya waktu. Ini termasuk kerja sama Pemda, BUMN, Kemendag dan seluruh stakeholder," pungkas Mentan Amran. (imf/mk)