Kunjungan Ke Penyandang Disabilitas Menteri Idrus Minta Di Ajari Menjahit

By Admin

nusakini.com--TEMANGGUNG -- Menteri Sosial, Idrus Marham menggelar kunjungan kerja ke Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita (BBRSBG) Kartini, Temanggung, Jawa Tengah, Selasa, 29 Mei 2018. Kunjungan ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan sejak Idrus dilantik pertengahan Januari lalu.

Menteri Sosial dalam kunjungannya didampingi oleh Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial, Staf Khusus Menteri, Direktur Rehabilitasi Penyandang Disabilitas,Kepala BBPPKS dan BBPPPKS Yogya, Kepala UPT Kemensos Jateng. 

Dalam kunjungannya Idrus melihat langsung fasilitas pelayanan rehabilitasi sosial BBRSBG. Dia mengunjungi gedung asrama tempat penerima manfaat (PM) menginap dan tempat layanan penerimaan penerima manfaat baru terintegrasi. Gedung tersebut sudah berusia 92 tahun. 

Idrus juga menyambangi gedung Instalasi Terapi Khusus (ITK). Di tempat ini, Idrus secara langsung melihat proses penerima manfaat mendapatkan terapi kesehatan, fisioterapi, terapi wicara, terapi perilaku, dan okupasi terapi. 

Dari tempat itu, Idrus lalu meninjau gedung Instalasi produksi (IP) dan bimbingan keterampilan. Tempat ini merupakan lokasi bimbingan keterampilan pertukangan kayu, keterampilan gerabah, dan tempat pemantapan keterampilan produksi barang atau jasa dan kewirausahaan lanjutan yang meliputi.pembuatan paving block,kerajinan akar, pembuatan batik ciprat dan penjahitan. 

Di tempat itu, Idrus tak canggung berinteraksi dengan penyandang disabilitas intelektual. Mantan Sekretaris Jenderal Partai Golkar itu bahkan langsung berlatih menjahit bersama penerima manfaat. 

Salah seorang penerima manfaat bernama Melati Amelia Putri mendapat kesempatan "mengajari" Idrus menjahit. Secara spontan gadis penyandang disabilitas itu berteriak riang ketika Idrus mampu menjahit kain beberapa puluh sentimeter. 

"Hore, aku berhasil ngajarin bapak," ujar Putri, kegirangan. Idrus dan rombongan ikut tertawa. 

Idrus mengaku takjub dengan keterampilan yang dikuasai oleh para penerima manfaat di BBRSBG Kartini Temanggung. Menurut dia, meski dalam kondisi disabilitas intelektual, upaya mereka untuk belajar terus dilakukan. 

Dia mencontohkan keterampilan yang dimiliki Putri dalam menjahit. Idrus mengatakan, kemampuan Putri sangat luar biasa. 

"Saya punya keyakinan bahwa Putri bisa punya kemampuan seperti yang saya saksikan hari ini setelah melalui proses yang panjang. Tidak serta merta," imbuh Idrus. 

Idrus turut mengapresiasi para pembimbing kalangan disabilitas intelektual. Menurut dia, mereka adalah orang hebat yang berjuang untuk kemanusiaan. 

"Keikhlasan para pembimbing membuahkan hasil yang membanggakan," imbuh Idrus.(rilis/rajendra)