Kualiifikasi Piala Eropa 2020: Belanda Libas Belarusia 4-0

By Abdi Satria


nusakini.com-Rotterdam- Belanda mengawali kiprahnya  di Kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup C dengan kemenangan telak. Tim besutan Ronald Koeman ini melibas Belarusia 4-0 di Stadion Feijenoord, Rotterdam, Jumat (22/3) dinihari WIB.

Pada pertandingan ini, Belanda sudah unggul saat laga baru berjalan semenit berkat penyerang Olympique Lyon, Memphis Depay. 

Gol ini bermula dari kesalahan koordinasi di lini belakang Belarusia. Bola backpass Igor Shitov gagal dijangkau kiper Andrey Gorbunov. Memphis langsung merebut bola dan menggetarkan gawang Belarusia. 

Belanda menggandakan di menit 21. Kali ini gol diciptan Georginio Wijnaldum lewat kerja sama apik. 

Denzel Dumfries membuat umpan silang ke mulut gawang Belarusia. Memphis memberikan assist cantik dengan tumit, yang langsung diselesaikan menjadi gol oleh Wijnaldum. 

Memasuki babak kedua, Belanda tak mengendurkan serangan. Hasilnya, mereka mampu menambah gol di menit 55 lewat penalti Memphis Depay. Penalti diberikan usai Wijnaldum diganjal Mikhail Sivakov di kotak terlarang. 

Belanda menutup pesta gol di menit 86. Tandukan Virgil van Dijk bersarang di gawang Belarusia usai menerima umpan Memphis Depay. (v/ab)