Kualifikasi Piala Eropa 2020: Turki Tekuk Skuat Juara Dunia Prancis 2-0

By Abdi Satria


nusakini.com-Konya-Kejutan terjadi di Buyuksehir Stadyumu, Konya, saat tuan rumah, Turki, menghadapi juara Piala Dunia 2018, Prancis. Skuat Senol Gunes menekuk  Les Bleus  2-0 dalam matchday 3 Grup H kualifikasi Piala Eropa 2020, Minggu (9/6) dinihari WIB.

Dengan kemenangan ini, Turki semakin nyaman duduk di puncak klasemen Grup H dengan raihan 9 poin. Sementara bagi Prancis, kekalahan ini jadi yang pertama ditelan Paul Pogba cs di babak kualifikasi. Saat ini Prancis berada di posisi kedua klasemen dengan koleksi 6 poin.

Pada pertandingan tadi, pelatih Prancis, Didier Deschamps, menurunkan skuat terbaiknya. Mengandalkan Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, dan Olivier Giroud, di lini depan, Tapi, Prancis malah dibuat tak berkutik oleh Turki.  

Turki  mencetak gol lebih dulu di menit 30 lewat gol Kaan Ayhan. Berawal dari umpan tendangan bebas Cengiz Under yang diteruskan Merih Demiral lewat sundulan ke kaki Ayhan. Tak terkawal, defender Fortuna Duesseldorf ini dengan mudah mampu mengoyak gawang Hugo Lloris. 

Di luar dugaan, Turki mampu menggandakan jelang pertandingan babak pertama berakhir. Tepatnya di menit 40, Cengiz mampu membawa Turki melebarkan jarak. Memaksimalkan umpan Dorukhan Tokoz, Cengiz dengan tenang mampu menaklukkan Lloris. (v/ab)