KRI Imam Bonjol Tangkap Lagi 1 Kapal Pencuri Ikan Asal Cina

By Admin


nusakini.com - TNI Angkatan Laut kembali menangkap 1 diantara 12 kapal ikan asing yang melakukan illegal fishing di Perairan Natuna, Jumat (17/6/2016).

Kapal ikan berbendera Cina tersebut ditangkap unsur KRI Imam Bonjol-383 yang tengah beroperasi patroli hingga ZEE di Perairan Natuna. Saat didekati kapal ikan asing tersebut melakukan manuver dan melarikan diri. KRI Imam Bonjol pun mengejarnya dan memberikan peringatan melalui tembakan, namun diabaikan.

Setelah beberapa kali dilakukan tembakan peringatan, satu kapal dari 12 kapal ikan asing dapat dihentikan. Setelah berhasil dihentikan dan diperiksa, diketahui kapal asing tersebut diawaki 6 pria dan 1 wanita yang diduga berkewarganegaraan Cina. 

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, Jumat (17/6/2016), membenarkan penangkapan kapal ikan asing ini. Kapal sudah diamankan di Lanal Ranai untuk diproses lebih lanjut. 

Edi mengatakan, TNI AL akan terus menggelar patroli guna menjaga keamanan di wilayah yurisdiksi Indonesia. Ini juga menjadi komitmen pimpinan TNI AL Laksamana TNI Ade Supandi dalam penegakan hukum di laut. 

"Apapun benderanya, saat mereka melakukan pelanggaran di wilayah yurisdiksi Indonesia, kami dalam hal ini TNI Angkatan Laut tidak akan segan untuk bertindak tegas," kata Edi.(if/mk)