KPU Kab Kolaka Utara Lantik 30 PPK Penambahan

By Admin


nusakini.com--Kolaka Utara--Bertempat di Aula Dermaga Cinta, Pantai Berova, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka Utara melantik 30 orang PPK penambahan dan 4 anggota PPS Pergantian Antar Waktu (PAW) tengah pekan ini. Pelantikan turut dihadiri Kabag REN Polres Kolaka Utara Kompol Lukman, Kepala Badan Kesbangpol Zakaria Bakrie dan sejumlah undangan lainnya.

Ketua KPU Kabupaten Kolaka Utara, Susanti Hernawaty dalam sambutannya berpesan agar PPK dan PPS yang baru dilantik senantiasa menjaga netralitas dan integritasnya. Dia mengingatkan potensi godaan yang bisa saja muncul selama bertugas, terlebih jika dikaitkan dengan harapan besar dari para peserta pemilu untuk keluar sebagai pemenang di pemilu nanti. “Sebab peserta pemilu begitu banyak, sementara kursi jabatan yang diperebutkan terbatas, maka dengan kondisi demikian bisa jadi ada peserta yang menempuh berbagai macam cara untuk meraih impiannya,” kata Susanti. 

Godaan lain yang bisa saja muncul menurut Susanti adalah konflik kepentingan ketika ada sanak saudara yang maju dalam kontestasi pileg. Dia berharap agar PPK dan PPS mampu membuktikan kapasitasnya layak terpilih mengemban tugas mulia ini. “Disinilah integritas kita diuji. Tunjukkan kami tidak salah memilih anda, perlihatkan bahwa anda memang layak menjadi penyelenggara pemilu,” tambah Susanti. 

Usai sambutan, acara berlanjut dengan pemaparan tentang tugas dan tanggung jawab PPK dan PPS dalam Pemilu 2019. Kordiv Hukum dan Pengawasan, Sumardin Pere berpesan kepada penyelenggara yang baru dilantik untuk segera melakukan harmonisasi kinerja dengan penyelenggara lainnya yang telah lebih dulu bergelut melaksanakan tahapan-tahapan pemilu.(R/Rajendra)