nusakini.com--Pekan Budaya Indonesia III akan segera dimulai. Kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini akan dilaksanakan bersamaan dengan Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) II di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Dengan mengusung tema “Ragam Budaya Untuk Indonesia Berkarakter”, kegiatan ini akan dilaksanakan selama enam hari, yakni pada 22 – 27 September 2017. 

Pekan Budaya Indonesia (PBI) tahun 2017 akan menggelar berbagai kegiatan, antara lain pameran, pentas seni, aneka workshop kerajinan tangan, pemutaran film, ritual-ritual adat. Keseluruhan acara tersebut dinikmati masyarakat secara gratis.

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan, kegiatan Pekan Budaya Indonesia – Festival Pesona Palu Nomoni 2017 merupakan kegiatan kerja sama Kemendikbud dengan Pemerintah Kota Palu. “Idenya adalah untuk sekaligus membantu menghidupkan ekosistem dan kegiatan-kegiatan kebudayaan di daerah,” ujarnya. Ia menambahkan, salah satu tujuan penyelenggaraan PBI – FPPN 2017 adalah menjadi ruang bertemunya komunitas dan pelaku kebudayaan di Indonesia. 

“Fokus utamanya adalah menghadirkan, menampilkan dan memprakarsai apa yang sudah dilakukan terhadap pemajuan kebudayaan. Kami ingin melalui kegiatan ini dapat memperkuat sektor-sektor penyelenggaraan yang masih lemah supaya memperkuat ekosistem, juga memberdayakan komunitas atau pelaku kebudayaan di daerah,” tutur Hilmar. Pekan Budaya Indonesia dan Festival Pesona Palu Nomoni tahun 2017 rencananya akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. (p/ab)