Kosmik Unhas Gelar Kepelatihan Broadcaster

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Advanced Broadcasting Class (ABC) Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Kosmik) Unhas kembali hadir untuk mengenalkan dan mewadahi minat dan ketertarikan mahasiswa terhadap dunia penyiaran. Kelas ini dilaksanakan dengan tujuan pemperdalam pemahaman mengenai konsep dan alur kerja media konvensional, yaitu televisi dan radio.

Manajer Biro Brodcasting, Saddan Husain menjelaskan, tema "Proud to Be a Broadcaster" yang diusung ABC dapat menjadi asa bagi para pelakon broadcasting untuk menunjukkan pride atau kebanggaan sebagai seseorang yang berkecimpung di dunia penyiaran.

Adapun segmentasi peserta dari kelas ini adalah warga Kosmik Unhas dan khalayak umum. Saddan mengungkapkan bahwa Advanced Broadcasting Class tahun ini dibuka untuk umum, karena menurutnya, setiap orang adalah broadcaster.

"Dilihat dari kata "broadcast" yang memiliki arti menyiarkan dan memberi informasi, sehingga diharapkan melalui kelas ini peserta dapat belajar tentang hal hal yang terkait dalam broadcasting tersebut," lanjutnya.

Kelas ini akan berlangsung selama lima hari, mulai dari tanggal 20-24 Juni 2019. Bertempat di Ruang Wajo FIS III FISIP Unhas, peserta akan mendapatkan materi dasar seputar penyiaran. Beberapa diantaranya adalah TV Programming, Teknik Menulis Naskah TV, dan Teknik Olah Vokal.

Setelah menerima materi, peserta akan disatukan dalam kelompok dan diklasifikasikan berdasarkan minat peserta untuk membuat program televisi atau radio. Hasil akhir dari pelatihan ini akan di unggah di kanal Youtube dan website Kosmik.

Harapan diadakannya ABC agar para peserta mengetahui teknik-teknik dasar yang ada di dunia broadcasting dan juga bagaimana membangun tim produksi dalam menghasilkan sebuah program. (nurul)