Kopi Nusantara Sumbang Transaksi USD 55,30 Juta di TEI 2016

By Admin

nusakini.com--Penjualan ekspor kopi nusantara mencapai nilai transaksi USD 55,30 juta di Trade Expo Indonesia (TEI) ke-31. Direktur Jenderal  Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Arlinda mengatakan, kopi Indonesia  terbukti memiliki kualitas yang sangat baik sehingga menarik buyer mancanegara yang datang ke pameran ini. 

"Kopi Indonesia nyatanya sangat bagus dan menarik para buyer yang kami datangkan dari berbagai negara. Transaksi yang diperoleh berasal dari transaksi yang terjadi di lantai pameran dan juga  kontrak dagang," jelas Arlinda di JIExpo, Kemayoran, Jakarta,

Arlinda menyampaikan, penjualan yang diperoleh stan-stan kopi selama empat hari pameran TEI mencapai USD 33,2 juta. “Transaksi diperoleh dari buyer asal Malaysia sebesar USD 20 juta, Korea  Selatan USD 4 juta, Mesir USD 4 juta, Palestina USD 2 juta, Belgia USD 1,7 juta, dan sisanya dari negara  lain,” urai Arlinda.

Selain itu, penandatanganan kontrak ekspor senilai USD 22,10 juta dilakukan antara tiga perusahaan  kopi nasional dengan buyer asing asal Mesir, Belgia, dan Jepang. Perusahaan-perusahaan tersebut  yaitu PT. Asal Jaya dengan Hassan Haggag asal Mesir menyepakati kontrak senilai USD 20,63 juta; PT.  Aneka Coffee Industry dengan Itochu Corp. asal Jepang menyepakati kontrak senilai USD 275 ribu;  serta PT. Javanero dengan Javanusa asal Belgia menyepakati kontrak senilai USD 1,2 juta. 

Penandatanganan kontrak ini disaksikan Arlinda bersama Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag Dody Edward, Direktur Eksekutif Organisasi Kopi Internasional atau International Coffee Organization  (ICO) Roberio Silva, dan Ketua Gabungan Eksportir Kopi Indonesia (Gaeki) Hutama Sugandhi. (p/ab)