Koperasi Tak Bisa “Begitu-begitu” Saja

By Admin

nusakini.com--Memperingati Hari Koperasi ke-71 Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP memimpin kegiatan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Tunggal, Senin (2/7). Memasuki komplek TMP Giri Tunggal, gubernur didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Dr Ir Sri Puryono KS MP, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Jateng Amandra Syah Arwan, dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jateng Ema Rachmawati. 

Sebelum dilaksanakan tabur bunga, gubernur terlebih dahulu memimpin upacara ziarah yang berlangsung beberapa menit. Rangkaian acara ini diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga, serta dilanjutkan dengan tabur bunga di makam pahlawan. 

Saat ditemui usai tabur bunga, Gubernur Ganjar Pranowo menyampaikan, koperasi mampu menjadi pilar dan saka guru perekonomian Indonesia. Sebab, koperasi memiliki kekuatan kolektif, yakni dari, oleh dan untuk anggota koperasi. Di dalamnya, ada kekuatan berdikari, dan membangun enterpreneurship. 

“Namun demikian, koperasi tidak bisa dijalankan begitu-begitu saja. Hari ini, di era millenial, koperasi harus melakukan lompatan dengan melakukan digitalisasi. Misalnya dari bagaimana memroduksi dengan peralatan canggih, lalu menjual atau memasarkan dengan memanfaatkan IT,” tuturnya. 

Lompatan yang dilakukan, imbuhnya, sangat penting. Tidak hanya menjadi saka gurunya perekonomian Indonesia, tapi juga untuk menyambut revolusi industri 4.0. Yakni, era industri yang antara lain ditandai dengan segala sesuatu yang serba digital dan otomatis.(p/ab)