Koperasi Jati Diri Rakyat Indonesia

By Admin

nusakini.com--Menteri Koperasi dan UKM (Menkop) AAGN Puspayoga mengatakan bahwa Koperasi menunjukkan jati diri rakyat Indonesia yang memiliki prinsip gotong royong dan kebersamaan. Hari Koperasi Nasional diperingati pada 12 Juli dan puncaknya dilaksanakan di Jambi, pada 21 Juli 2016. Rencananya Presiden RI Joko Widodo akan hadir dalam acara tersebut. 

Menkop mengatakan berdasarkan UUD 1945, pasal 33, bangunan badan usaha ekonomi yang paling tepat di Indonesia adalah koperasi.  

Itu sebabnya, kata Puspayoga, pemerintah menunjukkan perhatian serius untuk membenahi koperasi di Indonesia. Disebutkan, ada tiga langkah pembenahan, yang disebut Reformasi Koperasi, yakni Rehabilitasi, Reorientasi dan Pengembangan.  

"Melalui reformasi Koperasi, kami menekankan pada kualitas koperasi, bukan lagi jumlah atau banyaknya koperasi. Koperasi harus modern, berbasis IT dan melakukan pengembangan-pengembangan usaha," kata Menkop Puspayoga.

Dia menegaskan koperasi yang tidak mengikuti aturan, pasti dibubarkan dan tidak masuk dalam database pemerintah.  Menurutnya reformasi koperasi merupakan bagian dari usaha pemerintah membangun ekonomi kerakyatan. Karena dengan membangun koperasi pada akhirnya adalah mendorong pengembangan UKM.(p/ab)