nusakini.com - Tasikmalaya. Ratusan burung dari berbagai jenis mengikuti kontes burung yang diadakan di pasar Induk Cikurubuk Tasikmalaya kemarin. Komunitas pecinta burung ini menggelar kontes burung agar dapat menghasilkan suara terbaik dari berbagai jenis burung yang diikutsertakan.

Disinilah para pecinta burung, juga para pedagang burung mengikuti kontes. Kontes ini juga sekaligus merupakan ajang latihan. Untuk mengikuti kontes ini para peserta cukup membayar Rp 10 ribu  untuk satu jenis burung.

Dari sejumlah kontestan ada seorang ibu rumah tangga yang menjadi peserta kontes, Nunung nurhayati yang hobi juga  memelihara burung dengan keindahan kicauan burung murainya.

Para juri harus fokus terhadap penilaiannya, untuk mendapatkan pemenang.
Ritme dan irama suara yg dihasilkan oleh masing masing burung merupakan kriteria yang menjadi penilaian dalam kontes burung ini.

Burung yang mendapat juara dalam lomba ini akan mempunyai nilai harga yang semakin tinggi, yang sebelumnya bernilai Rp 1 juta bisa menjadi Rp 6 juta karena keindahan dan kemerduan suara yang dimiliki burung tetsebut. (sr)