Konsumsi LPG Meningkat 8% Saat Puasa dan Lebaran, Pertamina Siagakan Agen Dan Pengecer LPG

By Admin

nusakini.com--Memasuki Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Indul Fitri 1438H/2017M, PT Pertamina (Persero) memperkirakan beberapa jenis bahan bakar minyak dan LPG akan mengalami peningkatan kebutuhan.

Konsumsi BBM seperti tahun-tahun sebelumnya akan meningkat sekitar 15% sedangkan LPG untuk rumah tangga diperkirakan akan meningkat sekitar 8% dan untuk memenuhi kebutuhan LPG tersebut, PT Pertamina (Persero) akan menambah pasokan LPG bagi masyarakat. Demikian diutarakan Senior Vice President Fuel Marketing and Distribution PT Pertamina (Persero), Gigih Wahyu Hari Irianto saat Konferensi Pers Posko Nasional ESDM dalam menyambut Bulan Ramadhan dan Idul Fitri. 

LPG merupakan sumber energi yang sangat dibutuhkan masyarakat terutama saat bulan Ramadhan dan lebaran dimana konsumsi LPG cenderung mengalami peningkatan. "Konsumsi LPG bagi rumah tangga kami perkirakan akan meningkat sebesar 8% pada saat puasa dan lebaran, karena itu kita telah mempersiapkan berbagai macam skenario terkait dengan pasokan LPG ini untuk mengatasi peningkatan kebutuhan tersebut," tambah Gigih. 

Menurut Gigih yang paling krusial dari LPG ini adalah penjualan di outletnya atau ditingkat pengecernya. Rantai distribusi LPG relative panjang untuk itu seperti pada tahun-tahun sebelumnya, sebagai langkah antisipasi Pertamina akan menambah pasokan LPG ke pasar agar dapat menghindari kelangkaan akibat hirarki distribusi. 

"Mulai sekarang konsumsi LPG sudah meningkat, tetapi saya yakin dengan tambahan pasokan LPG dari kita kemudian ditambah lagi dengan effort khusus kebutuhan LPG masyarakat dapat terpenuhi, saya yakin LPG ini bisa amankan dengan baik," pungkas Gigih. 

Sebagai langkah antisipatif menghindari kelangkaan di Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, Pertamina menyiagakan Pangkalan dan Pengecer Siaga LPG 2017 yang akan beroperasi secara penuh, diharapkan dengan petugas-petugas siaga ini maka kelangkaan LPG tidak lagi terjadi. (p/ab)