Konser Gamelan Kusuma Laras Pukau Warga New York

By Admin

nusakini.com--Gemuruh tepuk tangan dan decak kagum dari penonton mengakhiri konser musim dingin Gamelan Kusuma Laras (GKL) yang digelar selama dua hari pada Sabtu dan Minggu, 17-18 Desember 2016 dengan dukungan penuh dari KJRI New York. Pada konser kali ini Gamelan Kusuma Laras bekerja sama dengan Saung Budaya dan beberapa penari tamu guna menyuguhkan pertunjukkan seni budaya Jawa yang dapat memukau para penikmat musik tradisional kota New York. 

Konser ini merupakan salah satu upaya KJRI New York untuk mempromosikan seni-budaya serta makanan khas Indonesia di New York. GKL sendiri dipimpin oleh Bapak I.M. Harjito sebagai Artistic Director dan beranggotakan sekitar 35 pemain mayoritas warga asing New York. Sejumlah 130 penikmat gamelan memadati Ruang Pancasila pada pertunjukan hari pertama dan kedua, cuaca yang dingin dan sempat bersalju tidak menyurutkan mereka untuk tetap hadir di acara ini. 

Konjen RI yang diwakili olehKonsul Konsuler II, Annisa Tyas Purwanti, dalam sambutannya menyampaikan dukungan penuh terhadap kegiatan promosi seni dan budaya Indonesia di wilayah kerja KJRI New York selain untuk mengenalkan seni-budaya Indonesia, juga untuk meningkatkan citra positif bangsa Indonesia di Amerika. 

Para penonton disuguhkan sejumlah komposisi menawan, antara lain Langengita Srinarendra, Kinanthi Juru Demong. Ladrang Dhandhanggula, Gendhing Roronjolo, Ladrang Pangkur, Gendhing Pacatnyana, Ladrang Manis Betawen, dan Gendhing Hasrikaton. Selain penampilan musik, penonton juga dimanjakan dengan 2 tarian Jawa yaitu tari Suka Rena dan tari Gambiranom yang dibawakan oleh penari tamu Tri Kumara Sidhi yang berasal dari Chichago. 

Disamping pementasan kesenian, turut disajikan kuliner khas Indonesia berupa wedang jahe, dadar gulung, kue lumpur, martabak telor, pastell, dan serabi kinca. (p/ab)