KONI Sulsel Usul 34 Atlet Calon ASN ke BKD

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Selatan, Jumat (28/2/2020) mengajukan dan mengusulkan 33 atlet yang berprestasi ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulawesi Selatan untuk dipertimbangkan diangkat sebagai Calon Aparatur Sipil Negara (CASN).  

Pengajuan nama-nama atlet berprestasi ini sebagai realisasi janji Gubernur Sulawesi Selatan H.M.Nurdin Abdullah ketika menyerahkan bonus kepada para atlet Sulsel yang berhasil meraih medali di SEA Games Manila, Filipina pada tanggal 19 Desember 2019 malam di halaman selatan rumah jabatan Gubernur. 

 Ketika itu Nurdin menyampaikan kepada pemerintah agar memberikan perhatian khusus kepada seluruh atlet yang telah memberikan prestasi gemilang. Gubernur ingin masa depan mereka terjamin. Untuk itu Ia mengusulkan untuk pengangkatan khusus baik sebagai ASN atau pun di sektor swasta.

“Mereka harus punya masa depan, kita harus pastikan itu, semua yang berprestasi kita berikan masa depan kepada mereka. Yang mau jadi PNS kita akan usulkan, mau di swasta kita akan minta teman-teman untuk memberikan kontribusi ke mereka,” ujar Nurdin Abdullah waktu itu.

 Wakil Sekum III KONI Sulsel M.Dahlan Abubakar, Jumat (28/2/2020) menjelaskan, dari 34 atlet itu, 22 atlet putra, 11 orang putri. Jika dilihat dari kualifikasi pendidikan, seorang bergelar magister (S-2), sarjana (S-1) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) masing-masing 16 orang.  

Rapat verifikasi atlet Kamis (27/2/2020) malam dipimpin Sekretaris Umum KONI Sulsel Dr.H.Addien, M.Kes, dihadiri sejumlah perwakilan cabang olahraga yang atletnya diusulkan.   

“Jika dirinci berdasarkan cabang olahraga, Karate memiliki 8 atlet yang memenuhi syarat untuk diajukan sebagai calon ASN,” ujarnya. 

Cabang-cabang lain yang terdaftar atletnya ke dalam 33 nama yang diusulkan,Dayung (5), Dansa (4),Sepaktakraw (3), Kempo, Sepakbola, Anggar masing-masing 2. Sementara Angkat Besi, Layar, Selancar, Atletik, Biliar, Muathai, dan Panjat Tebing masing-masing 1 orang. 

Kriteria atlet yang diajukan untuk diusulkan sebagai calon ASN harus peraih medali emas PON, minimal meraih medali perak SEA Games, dan minimal peraih medali perunggu Asian Games.(rah).