Kondisi Perairan Makin Normal, Pertamina Kurangi Kapal Pembersih

By Admin

nusakini.com-- Pertamina mulai mengurangi 4 unit kapal yang dioperasikan untuk proses pembersihan Teluk Balikpapan. 

Sejak Sabtu (7/4), Pertamina mengurangi kapal dari sbelumnya 21 unit menjadi 17 unit. "Sehingga tim yang diterjunkan tinggal 170 orang yang terbagi dalam 3 shift, di mana sebelumnya 234 personil ," kata Yudy Nugraha, Region Manager Communication & CSR Kalimantan. 

Pembersihan ceceran minyak di Teluk Balilpapan dibagi dalam 4 zona. Zona dua mencakup area Rede dan Kolam Labuh. Zona tiga mencakup Pantai Monpera dan Zona empat mencakup Lepas Pantai dan sekitarnya.

Tim yang melakukan pembersihan terdiri dari petugas lindungan lingkungan perairan, teknis support dan kru kapal. Armada kapal terdiri dari 9 unit tug boat, 3 unit patrol boat, 3 unit oil barge dan 2 aluminium boat. 

Pembersihan sisa ceceran minyak yang berada di bawah rumah penduduk terus dilakukan bersama dengan masyarakat setempat. Pembersihan ini dilakukan dengan memperhatikan pasang surut air.

"Sampah yang kami kumpulkan hari ini, sudah bisa ditampung di bank sampah, karena sejak kemarin kondisi perairan sudah bersih tidak ada minyaknya lagi," jelas Ride.(p/ab)