Komitmen Layani Kesehatan, Puskesmas Sudiang Ini Buat Maklumat

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Meski weekend pelayanan pasien di Puskesmas Sudiang tetap ramai. Ini terlihat dari kepadatan aktivitas pasien yang didominasi para lansia.

Ternyata, kepadatan tersebut lantaran ada jadwal rutin setiap hari Sabtu Puskesmas menggelar senam pagi bagi pasien BPJS atau Askes, yang rata-rata usia senja. 

Uniknya diantara kepadatan pasien tersebut, seorang emak-emak duduk nyantai diteras Puskesmas Sudiang, asyik memainkan gawainya. Ibu ini begitu asyik membuka media sosial tanpa mempedulikan sekitarnya sampai-sampai di foto pun sama sekali tak terusik.

Selain itu program Puskesmas Sudiang memberikan obat selama satu bulan sesuai jenis penyakit pasien. Sungguh mulia sekali program yang digiatkan Puskesmas satu ini.

Keramaian berikutnya, lantaran Puskesmas Sudiang juga melayani pemeriksaan para calon jamaah haji. Setelah dilakukan pemeriksaan secara intensif para tamu Alloh SWT ini juga mendapatkan nasi kotak.

Patutlah diacungi jempol komitmen jajaran Puskesmas Sudiang, begitu total memberikan pelayanan maksimal bagi pasien yang berobat ke pusat kesehatan masyarakat sudiang beralamat di Jalan Goa Ria Raya Nomor 18 Kelurahan Pai Kecamatan Biringkanaya kota Makassar.

Hamzah Kepala Sub Bagian Tata Usaha Puskesmas Sudiang menjelaskan, "Setiap hari Sabtu rutin melayani program Prolanis." Dikatakan Anca panggilan akrab Hamzah, "Program Prolanis ini untuk pra lansia dan lansia kisaran usia 45-60 tahun."

"Prolanis adalah Program penanganan penyakit Kronis, yaitu penyakit hiperternsi, diabetees melitus dan penyakit gula." Ujar Hamzah.

Selanjutnya, "ada juga edukasi berupa penyuluhan yang dilakukan oleh dokter-dokter, kebetulan hari ini ditiadakan karena bersamaan membludaknya pasien, tetapi untuk senam paginya rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu." Kata Hamzah.

Ditambahkan Hamzah, "bahwa pelayanan kesehatan jamaah calon haji sudah melayani mulai beberapa bulan lalu. Kalau ada jamaah setelah terdaftar di Kemenag RI akan dilakukan pemeriksaan pertama, nanti juga serentak akan dilakukan vaksin." Urai Anca ditengah-tengah meriahnya pasien.

Ditegaskan kembali bahwa Puskesmas Sudiang akan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik semaksimal kemampuan.

"Kami berupaya menetapkan pelayanan sesuai SOP. Insha Alloh, akan kami pertahankan pelayanan terbaik. Pelayanan ini juga kami koordinasikan dengan lintas sektoral, tokoh masyarakat, serta tokoh agama."

Maklumat Pelayanan bentuk komitmen karyawan puskesmas sudiang terhadap kesehatan masyarakat. "Maklumat ini ada 2 (dua), yakni pelayanan lintas sektor dan maklumat pelayanan internal karyawan puskesmas sebagai bentuk komitmen bersama dengan meningkatkan pelayanan sesuai SOP." Tutup Anca

Untuk menerapkan maklumat dibutuhkan komitmen bersama, sehingga tidak terkesan penghias dinding belaka, dan ini telah diimplementasikan pegawai Puskesmas Sudiang melayani setulus hati kepada para masyarakat.

Berikut bunyi maklumat pelayanan dengan bubuhan tandatangan para pegawai puskesmas:

"Kami seluruh Pegawai Puskesmas Sudiang, melayani pelanggan setulus hati secara profesionalis sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan dasar kesehatan tanpa mengabaikan nilai keamanan dan kenyamanan bekerja."(R/Rajendra)