Komitmen Investasi Januari 2016 Naik Rp.. 206 Triliun

By Admin

JAKARTA - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengklaim nilai komitmen investasi mencapai Rp 206 triliun pada Januari 2016. Naik 119 persen ketimbang periode sama tahun lalu sebesar Rp 94 triliun. "Jadi cukup baik atau sangat baik karena awal tahun, bisa melihat naik cukup signifikan," kata Kepala BKPM Franky Sibarani di kantornya,  Rabu (3/1/2016).

 Komitmen sebesar itu terdiri dari investasi domestik atau PMDN sebesar Rp 38 triliun, naik 261 persen. Lalu investasi asing (PMA) sebesar Rp 168 triliun, naik 101 persen.

Menurut Franky, komitmen itu menunjukkan Indonesia masih memiliki daya tarik investasi tinggi. Meskipun Indonesia mengalami perlambatan ekonomi dan dunia usaha tengah mengalami kesulitan. "Namun investor yang ingin menanamkan modalnya di Indonesia terus meningkat," jelas dia.

Franky menambahkan, pendorong utama penaikan komitmen investasi adalah layanan perizinan 3 jam. Tercatat, pada Januari, sebanyak tujuh perusahaan memanfaatkan kesempatan itu untuk memproses izin investasi senilai Rp 31,8 triliun, setara 15 persen dari total komitmen investasi.

"Layanan izin 3 jam, bisa berjalan dengan lancar," katanya. "Dan kami sebetulnya mengubah kebiasaan para investor bermitra dengan siapapun. Selama ini investor ini umumnya memakai pihak ketiga kecuali perusahaan yang menggunakan di Indonesian, menggunakan SDM internalnya tapi tidak sedikit menggunakan pihak ketiga.", ujarnya. *