nusakini.com - Wakil Ketua Komite Etik SC Munaslub Laurens Siburian di Kantor DPP Golkar, Jl Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta Barat, Jumat (6/5/2016) mengatakan Komite Etik Steering Committee (SC) Munaslub Golkar akan segera mulai bekerja. Tugas dari komite ini adalah menyaring para caketum sesuai dengan syarat prestasi, dedikasi, loyalitas, dan tidak tercela dan sebagainya.

Menurut Siburian, Komite Etik akan terus mengawal proses Munaslub hingga akhir sehingga politik uang tak terjadi. Jika terbukti bersalah maka akan diberi hukuman ringan sampai berat, mulai dari surat peringatan sampai dengan diskualifikasi atau tak boleh menjabat di kepengurusan selama 5 tahun. 

Lanjut Siburian, saat ini, salah satu pengaduan yang masuk di Komite Etik adalah kasus Setya Novanto (Setnov) di MKD DPR. Oleh karena itu komite etik akan menunggu untuk pembentukan majelis kode etik, guna memeriksa kasus Setnov lebih lanjut. 

Siburian kemudian menjelaskan, Komite Etik juga akan bekerjasama dengan kepolisian, Badan Intelijen Negara (BIN), serta KPK dalam menjalankan tugasnya.(if/mk)