Kolombia Tekuk Tuan Rumah AS 2-0 Di Laga Pembuka Copa America 2016

By Admin

nusakini.com-- Kolombia mengawali  Copa America 2016 dengan mulus. Skuat Jose Pekerman mengalahkan tuan rumah Amerika Serikat 2-0 pada pertandingan pembuka Grup A, Sabtu (4/6) pagi WIB 

Bertarung di Levi's Stadium, Santa Clara, Kolombia mencetak gol pertama melalui sontekan Cristian Zapata pada menit kedelapan. Kolombia mencetak gol kedua melalui penalti James Rodriguez pada menit ke-42.

Kemenangan ini membawa Kolombia menempati posisi pertama klasemen sementara Grup A dengan raihan tiga angka. AS berada di posisi buncit dengan nilai nol. Partai perdana Grup A lainnya antara Costa Rica melawan Paraguay baru berlangsung, Minggu (5/6) 

Timnas AS mengandalkan duet Bobby Wood dan Gyasi Zardes di lini serang. Duo striker tersebut ditopang oleh Clint Dempsey yang bertindak sebagai gelandang serang. Adapun, Kolombia mengandalkan skema 4-3-3. Mereka bertumpu pada trio Carlos Bacca, Edwin Cardona, dan Juan Cuadrado di lini depan. 

Tampil menghadapi tim tuan rumah tak membuat Kolombia gentar. Tim besutan Jose Pekerman itu tampil menyerang sejak awal pertandingan. Pergerakan dan umpan dari James Rodriguez di lini tengah menjadi kunci penyerangan Kolombia. 

Kolombia mencetak gol pada menit kedelapan. Berawal dari sepak pojok Edwin Cardona, Cristian Zapata berhasil lepas dari pengawalan dan menembak bola ke pojok kiri gawang dengan kaki kiri. 1-0 Kolombia memimpin. 

AS hampir saja menyamakan kedudukan pada menit ke-14. Clint Dempsey melewati adangan dua pemain bertahan Kolombia dan melepaskan tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti. Namun, bola yang mengarah ke pojok kanan gawang mampu ditepis kiper David Ospina. 

Kolombia mendapatkan penalti pada menit ke-40 akibat bek AS, DeAndre Yedlin, menyentuh bola dengan tangan di kotak terlarang. James Rodriguez yang tampil sebagai algojo mampu membawa Kolombia unggul 2-0 hingga akhir babak pertama. 

AS tampil lebih agresif dalam menyerang pada babak kedua untuk mengejar defisit dua gol. Mereka mendapatkan peluang pada menit ke-60. Namun, tandukan jarak dekat Clint Dempsey memanfaatkan umpan sepak pojok Bradley kembali mampu ditepis Ospina.

Kolombia hampir saja menambah keunggulannya pada menit ke-77. Menerima umpan terobosan Cardona, Bacca berhasil lolos dari jebakan offside dan berhadapan satu melawan satu dengan kiper Brad Guzan. Namun, tembakannya hanya membentur mistar gawang. 

ESPN melansir, Timnas Kolombia memiliki 47 persen penguasaan bola dan delapan percobaan tembakan ke arah gawang. AS hanya dua kali mengancam gawang Kolombia. (b/ab)

Susunan Pemain: 

Amerika Serikat: 1-Brad Guzan; 6-John Brooks, 20-Geoff Cameron, 23-Fabian Johnson, 2-DeAndre Yedlin; 4-Michael Bradley, 13-Jermaine Jones (10-Darlington Nagbe 66'), 11-Alejandro Bedoya (19-Graham Zusi 77'), 8-Clint Dempsey; 7-Bobby Wood (17-Christian Pulisic 66'), 9-Gyasi Zardes. 

Pelatih: Jurgen Klinsmann 

Kolombia: 1-David Ospina; 22-Jeison Murillo, 2-Cristian Zapata, 19-Farid Diaz, 4-Santiago Arias; 10-James Rodriguez (5-Guillermo Celis 73'), 16-Dani Torres, 13-Sebastian Perez (6-Carlos Sanchez 86'); 7-Carlos Bacca (17-Dayro Moreno 86'), 8-Edwin Cardona, 11-Juan Cuadrado. 

Pelatih: Jose Pekerman