KJRI Vancouver Peringati Nuzulul Qur'an dengan Masyarakat Indonesia

By Admin

nusakini.com--- Ibadah bersama di bulan Ramadhan merupakan sesuatu yang istimewa dan selalu dinantikan oleh masyarakat muslim Indonesia yang bermukim di luar negeri.

Walaupun tantangan waktu berpuasa di Provinsi BC, Kanada, lebih dari 18 jam lamanya, hal tersebut tidak menyurutkan keinginan warga masyarakat Indonesia untuk beribadah puasa termasuk mendatangi majelis pengajian.

Melanjutkan tradisi Ramadhan di tanah air, KJRI Vancouver pada akhir pekan lalu, menyelenggarakan peringatan Nuzulul Qur'an yang dilanjutkan dengan buka puasa bersama. 

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memuliakan Bulan Ramadhan serta untuk menggalang solidaritas dan kebersamaan di antara berbagai komponen warga masyarakat Indonesia yang berdomisili di Vancouver dan sekitarnya.

Acara yang dihadiri oleh sekitar 100 warga masyarakat Indonesia yang berasal dari berbagai lapisan masyarakat, antara lain pekerja, mahasiswa, perwakilan organisasi masyarakat serta keluarga besar KJRI Vancouver. 

Peringatan Nuzulul Quran diawali dengan pembacaan lantunan ayat-ayat suci Al-Quran beserta saritilawah yang dibawakan oleh perwakilan masyarakat Indonesia. Acara kemudian dilanjutkan dengan siraman rohani oleh Ustadz Muhammad Zulfikarullah dari Center of Waqaf Bani Uma yang berada di Vancouver dalam rangkaian Safari Ramadhan ICMI Wilayah Amerika Utara ke-12. 

Dalam pokok ceramahnya, Ustadz Zulfikarullah menyampaikan Nuzulul Qur'an sebagai momentum untuk menjadikan umat Islam semakin mencintai Al Qur'an. Al Qur'an diturunkan pada bulan suci Ramadhan untuk menjadi petunjuk bagi seluruh umat manusia. Lebih lanjut disampaikan bahwa Ramadhan harus menjadi ajang untuk peningkatan prestasi umat Islam dengan Al Qur'an.

Pada akhir ceramahnya, Ustadz Zulfikarullah mengajak para Jemaah untuk menjadi pribadi yang bertakwa pada Allah dengan dekat pada Al Qur'an dan menjauhkan diri dari segala larangan Nya.    

Setelah mendengarkan siraman rohani, acara kemudian dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan ditutup dengan Shalat Maghrib berjamaah. Selain acara buka puasa yang diselenggarakan oleh KJRI, masyarakat muslim Indonesia di Vancouver dan sekitarnya secara bergiliran setiap Sabtu dan Minggu menyelenggarakan pengajian dan acara buka puasa bersama di rumah-rumah warga.(p/ab)