KJRI Istanbul Perkenalkan Aplikasi Lapor Diri On-Line Saat Buka Puasa Bersama WNI

By Admin

nusakini.com--KJRI Istanbul bersama-sama dengan masyarakat Indonesia yang berada di Istanbul dalam wadah lembaga Masyarakat Indonesia di Istanbul (MII) dan Persatuan Pelajar Indonesia di Istanbul (PPI Istanbul) telah melaksanakan acara Buka Puasa Bersama yang bertempat di halaman KJRI Istanbul akhir pekan lalu.

Pada kesempatan acara buka puasa bersama yang dihadiri oleh sekitar 250 masyarakat Indonesia itu, Konsul Jenderal RI Istanbul Bapak Herry Sudradjat memperkenalkan sistem lapor diri online dan menyampaikan bahwa sistem lapor diri online ini akan banyak manfaatnya, selain untuk pemuktakhiran data jumlah WNI, juga menciptakan rasa perlindungan bagi WNI.

Dalam sistem lapor diri online ini, terdapat pula lapor kepulangan bagi masyarakat yang tidak lagi menetap diwilayah kerja KJRI, karena telah selesai melaksanakan tugas belajar atau berkerja.

Dengan sistem ini, KJRI dan masyarakat Indonesia sama-sama bisa "reachable" (terjangkau). Dalam peluncuran sistem lapor diri online KJRI Istanbul, telah diperagakan secara bersama dengan WNI yang hadir menggunakan gadget/handphone masing-masing melakukan lapor diri online, yaitu membuka website KJRI Istanbul: www.kemlu.go.id/istanbul/id/default.aspx kemudian klik icon lapor diri atau https://app.kjri.istanbul. 

Selain diisi dengan peluncuran aplikasi lapor diri online, acara buka puasa bersama masyarakat Indonesia di Istanbul juga diisi dengan pembacaan ayat suci Alquran dan sari tilawah, penampilan musik islami, puisi dan shalawat oleh Siti "KDI" dan kawan-kawan, bazar kuliner Indonesia, serta tausiyah ramadhan oleh Ustadz Fadhlan Garamatan, seorang pemuka agama Islam yang berasal dari tanah Papua, yang sedang berkunjung ke Turki. 

Melalui program mingguan Buka Puasa ini, maka diharapkan akan semakin terjalin persaudaraan Warga Negara Indonesia yang kini tengah tinggal di Istanbul dan sekitarnya, serta kian meningkatkan tali silaturahmi di antara warga Indonesia tersebut.(p/ab)