Kisah Sukses Pengusaha Alumni Pemagangan Jepang

By Admin


nusakini.com-Bandung- Program pemagangan ke Jepang yang diselenggarakan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) berbuah manis. Banyak alumni pemagangan di Jepang setelah kembali ke Indonesia menjadi pengusaha sukses. 

Salah satunya Alif Romdloni, 42 tahun, alumni pemagangan Jepang tahun 1999-2002 asal Magelang. Alif berhasil menjadi pengusaha koperasi syariah bermodalkan uang yang diperoleh dari hasil magang di Jepang. 

"Pulang ke Indonesia saya memiliki uang Rp220 juta. Dari jumlah tersebut Rp100 juta saya gunakan untuk modal awal pendirian koperasi syariah," kata Alif dalam acara Mubes Ikatan Pengusaha Kenshusei Indonesia (IKAPEKSI Indonesia) di Bandung, Jawa Barat pada Sabtu (13/10). 

Seiring berjalannya waktu, usaha koperasi syariah Alif maju pesat. Dari awalnya hanya memiliki 4 pegawai, kini sudah ada 20 pegawai dengan tiga cabang. 

"Saat ini ada 5000 anggota koperasi dengan anggota aktif sebanyak 700 orang. Kebanyakan anggota kami adalah para pelaku usaha menengah kecil mandiri," ujar Alif. 

Alif menambahkan, aset koperasinya kini sudah bernilai puluhan juta. Kesuksesan yang kini dimiliki Alif diakuinya karena menerapkan etos kerja yang dipelajari selama magang di Jepang. 

"Dengan magang ke Jepang kita jadi mengerti Jepang itu bisa maju karena orang dan budayanya memang maju. Mereka disiplin, tanggung jawab, dan pekerja keras sehingga kalau sikap tersebut dimiliki setiap orang di mana pun, maka dia kalau mengerjakan apa pun peluang suksesnya sangat besar," ungkap Alif. 

Kini setelah sukses jadi pengusaha, Alif bertekad membantu para alumni magang Jepang lainnya agar bisa jadi pengusaha seperti dirinya. 

"Dulu saya sempat bingung mau usaha apa karena tidak ada yang membimbing. Kini melalui organisasi IKAPEKSI, para alumni yang sudah sukses punya instrumen untuk melakukan bimbingan tentang jenis-jenis usaha yang cocok sesuai kemampuan alumni dan sesuai kebutuhan perusahaan Jepang," kata Alif. 

Direktur Bina Pemagangan Kemnaker Asep Gunawan mengatakan pemerintah memberikan apresiasi kepada peserta magang yang telah berhasil berwirausaha dengan menerapkan keahlian dan kompetensi yang diperoleh selama di Jepang. 

"Kami memberikan apresiasi kepada para alumni magang Jepang yang kembali ke tanah air yang berhasil merintis kegiatan wirausaha dan kemudian menjadi pengusaha yang sukses, " kata Asep. 

Asep mengatakan kehadiran para pengusaha sukses yang merupakan alumni magang Jepang tersebut memberikan pengaruh positif karena mampu membuka lapangan kerja baru, mengurangi pengangguran dan menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar. (p/ab)