Kisah JK yang Diceramahi Seorang Pelayan Kedai Kopi

By Admin


nusakini.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), saat berbuka puasa bersama Presiden Joko Widodo dan menteri Kabinet Kerja, di Istana Wakil Presiden, Jumat (24/6/2016), menceritakan pengalamannya belajar filosofi puasa di Madrid, Spanyol.

Saat itu, JK menjabat sebagai Wakil Presiden periode pertama mendampingi Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). JK melakukan perjalanan dinas saat dari Amerika Serikat menuju Madrid, Spanyol tepat di bulan Ramadhan. 

Karena menempuh perjalanan yang jauh, JK dan rombongan memilih tak berpuasa. Setibanya di Madrid, JK dan rombongan langsung menuju ke sebuah kedai kopi. 

"Saya dalam perjalanan, kami musafir, jadi tidak puasa. Kami pun mengajak duta besar ke warung kopi," kata JK. 

Di kedai itu, JK memesan secangkir Cappuccino. Seorang pelayan pun menghampirinya dan bertanya. 

"Apakah anda muslim, pelayan itu bertanya kepada kami," katanya lantaran melihat salah satu rombongan yang memakai kopiah. 

JK dan rombongan pun membenarkan jika mereka muslim. Pelayan itu memberi tahu bahwa waktu berbuka puasa belum tiba. Saat itu, waktu masih menujukkan pukul 17.00 waktu setempat. Sementara, waktu berbuka puasa jatuh pukul 20.00. 

JK kemudian memberi tahu jika ia dan rombongan sedang tak berpuasa karena musafir. Pelayan itu bertanya dari mana dia berasal. Salah seorang anggota rombongan kemudian menjelaskan asal dan perjalanan yang sudah ditempuh. 

"Anda menggunakan apa ke Spanyol?" tanya pelayan itu. 

"Saya jawab dengan pesawat, saya jawab dengan bahasa Spanyol yang sedikit saya mengerti," kata Jk sembari tertawa. 

"Tidak ada musafir dalam pesawat, karena di pesawat hanya duduk," balas pelayan. 

Perdebatan itu terhenti saat salah seorang rombongan membeberkan identitas JK yang merupakan Wakil Presiden Indonesia. Alih-alih mengalah, pelayan itu justru membalas dengan jawaban yang menyentakkan hati. 

"Pelayan itu justru menjawab, Oh wakil presiden? Bapak harusnya memberikan contoh yang baik untuk orang-orang lainnya," tutur JK menirukan sang pelayan.(ifm/mk)